sign up SIGN UP search


parenting

Anak Punya Teman Imajinasi, Bagaimana Orang Tua Menyikapinya?

Asri Ediyati Sabtu, 01 Aug 2020 08:02 WIB
ilustrasi anak main mobil-mobilan Anak Punya Teman Imajinasi, Bagaimana Orang Tua Menyikapinya?/ Foto: thinkstock
Jakarta -

Terkadang, kita melihat anak-anak yang memiliki teman imajinasi saat bermain. Mungkin jika berdua dengan anak, hal ini sedikit bikin merinding namun bertanya-tanya, apakah benar teman imajinasi si anak itu ada?

Soal ini, psikolog anak Ratih Zulhaqqi menjelaskan bahwa yang namanya teman imajinasi adalah tak nyata dan hanya diciptakan lewat pikiran si kecil, Bunda.

"Yang namanya imajinasi pastinya enggak ada ya, adanya dalam pikiran dia gitu. Tapi kalau beberapa anak punya imajinasi tentang salah satu teman, ya mungkin," kata Ratih kepada HaiBunda.


"Saya dahulu juga punya teman imajinasi, tapi kan itu kan akan berhenti di suatu usia tertentu," sambungnya.

Jika dikaitkan dengan mistis, itu beda cerita ya, Bunda. Yang jelas, jika dari sisi psikologi, teman imajinasi itu seharusnya cuma yang ada di pikirannya anak.

ilustrasi anak mainilustrasi anak main/ Foto: iStock

"Kemudian anak ini memvisualisasikan dalam bentuk seorang teman. Jadi kalau mistis atau nyata itu saya kurang paham sih, karena kebanyakan di Indonesia sering dikaitkan ke mistis," kata Ratih Zulhaqqi.

Menurut Ratih, normalnya teman imajinasi itu bisa eksis hingga anak usia sekitar 9 - 10 tahun.

Nah, bagaimana orang tua menyikapi? "Ya, ikut main bareng aja, atau enggak kayak kita menganggap dunia itu ada buat mereka. Walaupun ada beberapa ada beberapa anak yang enggak punya teman imajinasi," ujarnya.

"Jadi mungkin dia mengcreate satu karakter tapi bukan berarti sosok itu beneran ada. Itu hanya imajinasinya dia," sambung Ratih.

Dikatakan Ratih, orang tua enggak perlu marah, Bunda. Toh anak dalam situasi bermain bukan situasi yang lain.

"Bukan situasi yang tiap saat dia ngomong sendiri kan enggak kayak gitu. Hanya saat bermain, nanti teman imajinasinya hilang," ucapnya.

Simak juga manfaat anak main bersama orang tuanya:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi