sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips agar Anak Mau Mendengar Orang Tua, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Senin, 07 Sep 2020 08:14 WIB
ilustrasi ibu dan anak caption
Jakarta -

Bahagia rasanya ketika anak mau mendengar perintah atau nasihat orang tua. Namun, sayangnya, di usia yang masih muda, sebagian besar anak masih belum mau mendengar orang tuanya, bahkan ada yang kritis dengan perkataan orang tuanya. Bunda mengalami hal yang sama?

Tenang, Bunda enggak sendirian kok. Ada banyak orang tua mengalami hal serupa. Entah anaknya memang tak mau mendengar atau cuma pura-pura tak mendengar. Namanya juga anak-anak ya, Bunda, harus ekstra sabar menghadapinya.

Nah, saat anak tak mau mendengar, menurut psikolog dan dosen UC Berkeley, Erica Reischer, Ph.D., jangan meneriaki anak. Kenapa?


"Berteriak memang menarik perhatian anak-anak, tetapi itu bermasalah karena itu berkontribusi pada pola komunikasi yang tidak berfungsi. Penelitian juga menunjukkan bahwa berteriak mungkin memiliki efek berbahaya pada anak-anak yang sebanding dengan hukuman fisik, seperti pemukulan," tulis Reischer, dikutip dari Psychology Today.

Reischer mengatakan bahwa anak-anak yang orang tuanya agresif secara verbal juga bisa memiliki harga diri yang lebih rendah, agresivitas yang lebih tinggi, dan tingkat depresi yang meningkat. Duh, jangan sampai ini terjadi pada si kecil ya, Bunda.

Nah, daripada Bunda marah-marah, terapkan 5 trik dan tips di bawah ini yuk:

1. Jangan bicara sebelum anak memperhatikan Bunda

Jangan kebanyakan bicara sebelum anak memperhatikan Bunda. Jika anak mau mendengar, coba dekati anak, lalu coba untuk jongkok untuk sejajar dengannya.

Mengutip Aha Parenting, penelitian menemukan bahwa ketika kita merasa terhubung dengan orang lain, kita lebih terbuka terhadap pengaruhnya, jadi Bunda membuat anak mau untuk mendengarkan. Akan tetapi Bunda tidak memanipulasinya.

Tunggu sampai dia memperhatikan Bunda, tatap matanya dan mulainya bicara. Jika ia memperhatikan Bunda, mulailah berbicara. Dengan demikian anak mau mendengar orang tuanya.

2. Jangan ulangi perkataan Bunda

Jika Bunda bertanya dan tak mendapat jawaban, jangan hanya mengulanginya. Itu tidak akan membuat mereka mau mendengar, coba kembali ke langkah pertama.

3. Gunakan lebih sedikit kata

Kebanyakan dari orang tua ceramahi anaknya panjang lebar. Hal ini tak berlaku jika si kecil masih berusia balita, Bunda. Gunakan kata sesedikit mungkin saat Bunda memberikan instruksi.

4. Lihat dari sudut pandang anak

Coba lihat kondisi ini dari sudut pandang anak. Ibaratnya begini, jika Bunda sibuk dengan sesuatu yang disukai dan suami meminta untuk berhenti melakukannya dan melakukan hal lain, jelas rasanya tidak menyenangkan kan? Untuk itu, coba lihat dari sudut pandang anak. Cari tahu mengapa anak tidak mau mendengarkan orang tua.

5. Ucapkan terima kasih pada anak jika mau mendengar

Jika anak mau mendengar, ucapkan terima kasih pada mereka. Misalnya Bunda meminta mereka menggantung handuk setelah mandi. Apabila anak mau mendengar dan melaksanakan, maka ucapkan terima kasih. Dengan begitu, akan mendorong anak-anak memiliki perilaku yang baik.

Semoga tips ini membantu dan anak mau mendengar Bunda ya.

Simak juga cara agar anak mau belajar di rumah:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi