sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Menyiasati Nafsu Makan Anak yang Menurun Akibat Diare

Annisa Karnesyia Rabu, 13 Jan 2021 18:35 WIB
Bayi sakit Cara Menyiasati Nafsu Makan Anak yang Menurun Akibat Diare/ Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit diare paling sering dialami anak kecil, Bunda. Kondisi ini sering bikin anak lemas dan kehilangan nafsu makan.

Diare adalah masalah umum yang bisa dialami balita dan disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebabnya karena keracunan makanan, infeksi bakteri, virus, atau karena terlalu banyak makan buah atau minum jus.

Sakit diare bisa disertai muntah lho, Bunda. Meski begitu, sebagian besar kondisi ini hanya berlangsung sebentar atau beberapa hari.


Saat anak diare, penting bagi Bunda menjaga kondisi tubuh dan nutrisinya. Jangan sampai si kecil tidak mendapatkan asupan makanan, seperti cairan atau makanan padat ya.

"Makanan yang diberikan harus hambar atau tidak ada rasa. Contoh makanan yang baik untuk dikonsumsi selama diare adalah nasi, roti panggang, apel, dan pisang," kata dokter anak, Dr. Lisa Lewis, dilansir Mom.

"Pengobatan terbaik anak diare, yakni minum banyak cairan. Minumlah air setidaknya satu kali dalam satu jam dan setelah diare muncul. Air adalah cara terbaik untuk mengganti cairan yang hilang," sambungnya.

Saat anak diare, porsi dan pola makan anak perlu diperhatikan. Mengutip laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut 5 cara menyiasati nafsu makan anak yang menurun karena diare:

1. Selalu siapkan cairan oralit

Anak yang mengalami diare sangat rentang dehidrasi. Untuk mencegah hal ini, Bunda bisa berikan oralit sekitar 10 ml/kg berat badan. Misalnya, berat badan 10 kg, maka si kecil perlu diberi 100 ml oralit setiap diare.

2. Lanjutkan pemberian air susu ibu (ASI)

ASI memiliki efek proteksi atau perlindungan terhadap diare. Saat anak diare, Bunda bisa tetap melanjutkan pemberian ASI ya. Kandungan laktosa di ASI tidak akan menyebabkan diare bertambah parah.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk tahu 3 siasat atasi diare, Bunda.

Simak juga makanan penyebab dan pereda diare, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pramugara SriwijayaFoto: Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
Cara Menyiasati Nafsu Makan Anak yang Menurun Akibat Diare
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi