sign up SIGN UP search


parenting

Jangan Dianggap Sepele Bun, Hal Ini Bisa Bikin Anak Kasar & Membantah

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 20 Jan 2021 18:30 WIB
ilustrasi ibu dan anak caption

Jakarta - Orang tua paling tidak senang melihat anaknya bersikap kasar dan membantah. Apabila terjadi seperti itu, apa yang bakal Bunda lakukan ke anak? Marah-marah atau memahaminya?

Sarah Ockwell-Smith, pakar Gentle Parenting, mengatakan bahwa ada beberapa alasan mendasar anak membantah orang tuanya. Salah satunya kurang empati dan pengertian.


Misalnya saja, seorang anak meminta tolong kepada Bunda yang sedang mengobrol di telepon atau sibuk di dapur. Tiba-tiba anak meminta tolong ke Bunda, tapi Bunda hanya menjawab, "Bunda sedang sibuk. Bisakah Kamu melakukannya?" Atau Bunda malah mengatakan, "Kenapa Kamu tak bisa melakukannya? Lain kali jangan menyela saat Bunda sibuk."

"Hal yang sama juga berlaku ketika kita (orang tua) meminta bantuan ke anak-anak," kata Smith dalam The Gentle Discipline Book.  

Kalau anak merasa orang tua tidak memahami masalah mereka atau kurang berempati dengan perasaan mereka ketika orang tua meminta tolong, kata Smith, anak mungkin akan membalas orang tuanya. Semakin anak menganggap komunikasi orang tua tak memperhitungkan perasaan atau posisi mereka, maka semakin besar kemungkinan respons anak akan kasar ke Bunda atau Ayah.

Apabila kejadiannya seperti ini, lanjut Smith, orang tua akan sangat sulit untuk tidak marah-marah.

"Saat Anda menjadi jengkel dan marah dan membentak anak Anda, Anda bisa lebih tidak sopan dan mencela. Lagipula, bukankah Anda akan berperilaku seperti itu jika Anda berada di posisi yang sama? Mempertimbangkan perasaan anak Anda dapat sangat membantu dalam memecahkan masalah," ujar Smith.

Smith menyarankan orang tua untuk berbicara dengan anak, hindari menghukum dan mempermalukan anak.  

"Jika Anda mengalami saat-saat sulit dengan mereka, jelaskan perasaan Anda: 'Bunda pusing banget hari ini dan merasa sangat kesal.  Bunda enggak mau marah kepadamu, jadi tolong segera bawa tasmu ke kamar?'"

Selain itu, orang tua juga bisa berempati dengan perasaan anak juga. 'Bunda tahu kamu ingin pergi keluar dengan teman-temanmu hari ini. Pasti kamu kesal ketika Bunda mengatakan tidak boleh. Bunda pasti akan marah pada posisimu."  

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.


Simak juga tips menjadi Bunda yang tidak gampang marah, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner suami pengangguran



Stres, anak jadi mudah marah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!