sign up SIGN UP search

parenting

3 Tips Aman Berselancar di Google Untuk Anak

Annisa Karnesyia Selasa, 09 Feb 2021 19:46 WIB
Happy young Asian family with children and their mother using computer do school homework at home. caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mendorong anak-anak mempelajari keterampilan baru. Salah satunya penggunaan platform internet untuk belajar di rumah.

Tanpa kita sadari, banyak bahaya yang mengancam anak di era digital ini, Bunda. Inilah mengapa banyak orang tua mulai khawatir dengan keselamatan anak-anaknya di ranah internet.

Menurut riset yang dilakukan Google Indonesia, 42 persen orang tua menyebutkan masalah ini sebagai kekhawatiran mereka selama setahun terakhir. Masalah tersebut di antaranya adalah konten dan keamanan informasi anak.


"Meningkatnya kegiatan online membuat orang tua semakin khawatir melindungi identitas digital anak-anaknya, mereka juga ingin tahu siapa saja yang berinteraksi dengan anak-anaknya, dan apakah anaknya mengakses konten yang sesuai dengan usur mereka," kata Putri Alam, Kepala Kebijakan dan Hubungan Pemerintahan Google Indonesia, dalam 'Pembukaan Keluarga #TangkasBerinteret 2021' di YouTube Google Indonesia, Selasa (9/2/2021).

Sementara itu, untuk memastikan ruang digital digunakan secara aman dan positif, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah turun tangan membersihkan konten negatif. Cara ini dilakukan agar ruang digital bersih, Bunda.

"Dari secara ekosistem, 24 jam selama 356 hari per tahun, Kominfo melakukan patroli cyber, pemantauan sosial media, internet, untuk memastikan ruang digital bersih dari konten negatif dan aman bagi anak-anak. Jadi, ketika anak-anak berselancar di internet akan bergabung di ruang digital yang aman," ujar Bhredipta Socarana S.H., LL.M.,CIPP/E dari Kominfo.

"Dari segi platform juga sudah ditentukan batasan umur penggunaan sosial media, dimana tidak semua anak di bawah umur tertentu menggunakan internet secara bebas, rata-rata harus didampingi orang tuanya," sambungnya.

Google sebagai platform internet ikut menjaga dan melindungi anak-anak dari bahaya di ranah digital, Bunda. Simak halaman berikutnya untuk tahu fitur dan tips aman berselancar dengan Google.

Simak juga 5 cara mendidik anak agar tak jadi korban bullying, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Melly Goeslaw Sukses Diet
Tips aman berselancar di Google
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi