sign up SIGN UP search


parenting

4 Penyebab Hipospadia Seperti Dialami Aprilia Manganang Menurut Dokter Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 11 Mar 2021 10:03 WIB
KOMPLIKASI DAN PENANGANAN HIPOSPADIA
baby feet in wooden crib caption

Komplikasi hipospadia

Anak dengan kondisi hipospadia akan kesulitan saat mulai toilet training. Saat memasuki usia pubertas, dia bisa mengalami gangguan ejakulasi, ereksi, dan kelainan bentuk. Pada akhinya dapat membuat rasa percaya diri anak terganggu.

Bisakah hipospadia dideteksi saat Bunda hamil?

Melisa menjelaskan bahwa hipospadia tidak bisa dideteksi saat hamil, Bunda. Sebab, saluran atau lubang kencing ini sangat kecil dan tidak terlihat di USG.

"Lubang masih ada yang 1 sampai 2 mm, sulit sekali dideteksi saat hamil," katanya.


Hipospodia mungkin dideteksi saat hamil jika bayi mengalami kelainan kongenital yang lain, seperti ginjal satu atau besar, down syndrome, masalah jantung, atau otak. Namun, pada beberapa kasus hipospadia hanya sendiri tidak disertai kelainan lain, sehingga sulit dideteksi saat hamil.

Penanganan hipospadia

Cara terbaik untuk menangani hipospadia adalah dengan operasi. Tujuannya untuk menempatkan lubang kencing ke posisi yang seharusnya, dengan dibuat lubang kencing di ujung penis dan saluran kencing yang lurus ke atas.

Kondisi hipospadia akan ditangani dokter anak bekerja sama dengan dokter urologi anak. Operasi juga akan memperbaiki bentuk penis yang awalnya melengkung, Bunda.

Perlu diketahui, derajat keparahan hipospadia juga berbeda. Ada kondisi yang memerlukan operasi lebih dari sekali atau perawatan lebih lanjut jika mengalami masalah hormonal.

"Karena ini termasuk operasi korektif, bisa jadi membutuhkan beberapa kali operasi. Bisa juga disertai dengan kelainan hormonal jadi semuanya harus dikoreksi," kata Melisa.

"Beberapa anak juga mengalami kekurangan hormon seks. Meski sudah dioperasi, penis masih kecil karena kekurangan hormon testosteron. Kalau seperti ini, setelah operasi pertama biasanya kita bantu dengan terapi hormon," sambungnya.

(ank/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!