sign up SIGN UP search


parenting

10 Aktivitas Anak Selama Bulan Ramadhan, Bisa Isi Waktu Sampai Berbuka Puasa

Annisa Karnesyia Senin, 26 Apr 2021 13:41 WIB
AKTIVITAS ANAK PUASA: BERCOCOK TANAM
Young boy wearing traditional clothes looking excited in anticipation of the Islamic celebration of Hari Raya Aidilfitri (Eid al-Fitr). Kuala Lumpur, Malaysia. May 2018 caption

2. Jalan-jalan sore

Jalan-jalan sore atau ngabuburit dapat menjadi rutinitas andalan selama bulan puasa. Mendekati waktu berbuka biasanya anak enggak sabar atau semakin lapar.

Untuk mengalihkan perhatian mereka, coba ajak jalan-jalan sore bersama keluarga. Kegiatan ini juga bisa mempererat hubungan orang tua dengan anaknya.

"Ciptakan kegiatan ngabuburit dengan aktivitas yang menyenangkan, sehingga perhatian anak tidak terpaku pada makanan saja," kata Ana.


3. Bercocok tanam

Hobi bercocok tanam juga bisa jadi aktivitas menyenangkan lho, Bunda. Ajak si Kecil menanam tanaman di halaman rumah dan minta dia merawat tanaman itu setiap hari.

Pilihkan waktu yang tepat saat bercocok tanam. Misalnya, sore hari ketika cuaca tidak panas atau menjelang buka puasa.

4. Membuat prakarya

Isi waktu kosong puasa dengan melakuka aktivitas bermanfaat dan kreatif bersama si Kecil. Salah satunya dengan membuat prakarya unik.

Tak perlu mahal, Bunda bisa gunakan bahan bekas untuk membuat prakarya ini ya. Misalnya, kain bekas dan karet yang dibuat bando atau gelang.

5. Menonton film

Nah, menonton film bersama di Kecil bisa mengalihkan perhatiannya yang lapar lho. Apalagi, bila film tersebut berdurasi cukup lama, Bunda.

Pilihkan film anak yang disukai si Kecil. Tonton bersama lalu ajak mereka berdiskusi tentang isi cerita film.

6. Belajar mengaji

Bulan puasa adalah waktu tepat untuk mengajarkan anak tentang Islam. Salah satunya keutamaan untuk mendapatkan pahala dari ibadah mengaji.

Kegiatan ini dapat menyesuaikan usia si Kecil ya. Bagi anak yang masih keci, dapat diajarkan mengaji Iqro dan menghapal surat-surat pendek.

Bagi anak yang sudah lebih besar, coba minta mereka mengaji Al-Quran satu juz setiap hari. Jelaskan pula pahala yang didapat bila melakukan ibadah ini selama bulan puasa.

AKTIVITAS ANAK PUASA: DEKORASI RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi