sign up SIGN UP search


parenting

Manfaat Serat untuk Anak: Jaga Pencernaan hingga Tingkatkan Kecerdasaan

Annisa Karnesyia Jumat, 04 Jun 2021 18:11 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Asupan serat penting untuk menjaga kesehatan buah hati. Serat dari makanan bisa mulai dikenalkan saat si Kecil diberikan MPASI ya, Bunda.

Menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi, Dr.dr. Ariani Dewi W, Sp.A(K), serat memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan pencernaan dan perkembangan otak anak. Serat dapat menambah massa feses, sehingga dapat mencegah sembelit yang sering dialami anak-anak.

"Serat terutama yang tidak larut air bisa menambah massa feses, sehingga mencegah sembelit. Anak yang konsumsi makanan rendah serat, makan junk food, atau pola makan western, cenderung mengalami sembelit," kata Ariani, dalam Virtual Press Conference Peluncuran Kampanye 'Jam Makan Serat' via Zoom, Kamis (3/6/2021).


Serat juga dapat menjadi makanan bagi mikrobiota atau bakteri baik di usus, Bunda. Jika serat yang dikonsumsi cukup, maka bakteri baik juga akan banyak ditemukan dalam usus.

Sekitar 80 persen bakteri baik dibutuhkan di usus agar metabolisme tubuh menjadi baik. Bila jumlahnya kurang, keseimbangan tubuh akan terganggu, bakteri jahat banyak ditemukan, dan akhirnya menyebabkan masalah kesehatan.

Selain untuk metabolisme tubuh, bakteri baik juga memengaruhi perkembangan otak si Kecil. Kondisi usus yang seimbang akan membuat mood anak stabil dan berpikir dengan baik saat di sekolah.

"Serat memberikan makanan ke mikrobiota dan akan memengaruhi otak melalui banyak jalur-jalur, membantu persyarafan otak lebih rapat, berkembang lebih baik. Ketika mereka besar, mereka akan lebih cerdas," ujar Ariani.

"Penelitian juga menemukan bahwa stabilitas mikrobiota berjalan beriringan dengan perkembangan otak anak," sambungnya.

Mengingat pentingnya serat ini, Bunda perlu memenuhi asupannya pada menu makan anak ya. Kebutuhan serat setiap anak berbeda sesuai usianya.

Baca halaman berikutnya untuk tahu kebutuhan serat anak usia 6-36 bulan.

Simak juga penyebab dan tips mengatasi anak GTM, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KEBUTUHAN SERAT ANAK SESUAI USIANYA MENURUT AKG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi