sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Rakyat dari Jawa Tengah: Ada Keong Mas dan Timun Mas

Tim HaiBunda Jumat, 09 Jul 2021 19:05 WIB
Legenda Keong Mas
Anak beajar membaca caption

Keong Mas

Cerita rakyat Jawa Tengah selanjutnya adalah Keong Mas. Keong Mas merupakan kisah yang diawali dengan seorang raja bernama Kertamata yang memiliki dua anak gadis. Anak perempuan tersebut bernama Dewi Galuh dan Candra Kirana.

Alkisah ada seorang Pangeran dari negeri seberang yang jatuh hati pada Candra Kirana. Ia melamarnya dan Candra Kirana menerima.

Namun rupanya, Dewi Galuh merasa iri hati. Galuh merasa bahwa dirinya lebih berhak mendapat cinta sang Pangeran. Maka dimulailah rencana untuk menyingkirkan Candra Kirana dari kerajaan.


Seorang nenek sihir muncul ketika Candra Kirana sedang menyusuri pantai sambil menikmati pemandangan. Ia lalu menyihir Candra Kirana menjadi sebuah keong yang berwarna emas dan membuangnya ke laut. Kutukan keong mas ini bisa hilang jika ia bertemu dengan sang Pangeran.

Keong Mas yang tersapu ombak akhirnya ditemukan oleh seorang nenek yang kemudian memeliharanya. Tanpa diketahui Si Nenek, Keong Mas berubah menjadi manusia ketika tidak ada siapa-siapa di rumah.



Di saat Si Nenek pergi, Keong Mas akan memasak dan membersihkan rumah. Si Nenek tentu kaget dan mencari tahu siapa sebenarnya orang baik hati yang melakukan hal tersebut.

Maka Si Nenek pura-pura pergi ke laut dan kemudian mengintip saat Keong Mas berubah wujud jadi manusia untuk membersihkan rumah. Dan, terkuaklah bahwa Keong Mas adalah putri kerajaan bernama Candra Kirana yang dikutuk orang jahat.



Di saat bersamaan, Sang Pangeran sedang mencari Candra Kirana. Ia berkelana keluar-masuk hutan karena dalam pertapaannya disebutkan bahwa Candra Kirana masih hidup.

Saat masuk ke sebuah hutan, bekal makanannya habis. Ia segera mencari rumah terdekat dan ternyata di situlah rumah tempat Keong Mas dipelihara oleh Si Nenek. 


Mereka kembali bertemu dan akhirnya pulang ke kerajaan untuk melangsungkan pernikahan.

(ziz/ziz)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!