sign up SIGN UP search


parenting

Sedih, Bayi Baru Lahir Terpapar COVID-19 Setelah Dikunjungi Tamu

Annisa Afani Minggu, 11 Jul 2021 21:30 WIB
PANDUAN MEMBERI ASI PADA BAYI BAGI IBU POSITIF COVID-19
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption

Sementara itu Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber nutrisi penting yang bisa menunjang tumbuh kembang si Kecil. ASI juga bisa mencegah bayi terserang penyakit, Bunda.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa ASI adalah makanan ideal untuk bayi. Sementara itu, menyusui adalah salah satu cara efektif untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup anak.

"ASI menyediakan semua energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi di bulan-bulan pertama kehidupan, dan terus menyediakan hingga setengah atau lebih dari kebutuhan nutrisi anak usia 6-12 bulan dan sepertiga selama dua tahun kehidupannya," tulis WHO dalam website resminya.


Bagi sebagian ibu, menyusui secara eksklusif tidaklah mudah. Apalagi bila Bunda sedang sakit atau terpapar virus COVID-19.

Selama masa pandemi ini, Bunda yang positif COVID-19 tetap disarankan untuk menyusui buah hatinya. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menyatakan bahwa ibu menyusui yang positif terinfeksi COVID-19 masih tetap boleh memberikan ASI untuk buah hatinya.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah saat memberikan ASI, Bunda harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan tidak mengalami gejala yang berat. Jika Bunda merasa tidak sanggup menyusui karena kondisi tubuh menurun, maka bayi dapat diberikan ASI perah.

"Apabila seorang ibu merasa dirinya lemah dan tidak memiliki kekuatan untuk menyusui langsung, maka bayi dapat diberikan ASI perah (ASIP) baik oleh ibu maupun anggota keluarga yang lain," tulis Kemenkes RI, dikutip dari Instagram resminya, Jumat (9/7/21).

Dalam keterangannya, Kemenkes juga membagikan panduan menyusui bagi Bunda yang terpapar COVID-19. Berikut panduan lengkapnya:

1. Bunda selalu memakai masker saat menyusui dan merawat bayi.
2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi.
3. Membersihkan dan mendisinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh Bunda dan buah hati.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!