sign up SIGN UP search


parenting

8 Cara Mengurangi Mata Minus pada Anak, Salah Satunya Aturan 20-20-20

Nanie Wardhani Senin, 12 Jul 2021 09:00 WIB
New look. Doctor giving the child new glasses for her vision. caption

Melakukan pemeriksaan mata secara teratur hanyalah salah satu dari banyak hal yang bisa Bunda terapkan sebagai cara mengurangi mata minus pada anak dan mencegah cedera atau penyakit yang dapat membahayakan penglihatannya. Teruslah membaca untuk mempelajari cara lain untuk meningkatkan penglihatan dan mengurangi mata minus pada Anak.

1. Bermain di luar ruangan

Seperti dilansir dari Parents, sebuah penelitian di China pada tahun 2015 menunjukkan hasil bahwa kelompok anak-anak yang dibiarkan bermain di luar rumah memiliki kondisi mata yang lebih sehat daripada kelompok anak-anak yang tidak melakukan hal yang sama. Selain lebih sehat, anak-anak yang lebih lama aktif di luar ruangan juga mengalami penurunan minus pada mata mereka. 

2. Dapatkan cukup vitamin dan mineral utama 

Vitamin A, C, dan E, serta mineral seng, mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula. Ini adalah kondisi di mana makula – bagian mata yang mengontrol penglihatan sentral – memburuk.


Seperti dilansir dari Healthline, sumber makanan untuk nutrisi penting ini antara lain berbagai sayuran dan buah-buahan berwarna-warni, seperti:

  • wortel
  • Paprika merah
  • Brokoli
  • bayam
  • stroberi
  • ubi
  • jeruk

Makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon dan biji rami juga direkomendasikan untuk kesehatan mata yang lebih baik.

3. Jangan lupa konsumsi karotenoid-nya

Beberapa nutrisi lain juga merupakan kunci untuk meningkatkan penglihatan dan mengurangi mata minus. Diantaranya adalah lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid yang ditemukan di retina. Bunda juga dapat menemukannya di sayuran berdaun hijau, brokoli, zucchini, dan telur.

Lutein dan zeaxanthin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Karotenoid ini membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata tersebut, dan menyerap sinar ultraviolet dan cahaya biru.

4. Kenakan kacamata pelindung

Apa pun yang sedang dikerjakan oleh Si Kecil, baik itu bermain bola raket, bekerja di garasi, atau melakukan eksperimen sains di sekolah, penting bagi Si Kecil untuk melindungi matanya dengan kacamata yang sesuai.

Kacamata pelindung yang kuat sangat penting jika ada risiko bahan kimia, benda tajam, atau bahan seperti serutan kayu, pecahan logam, atau bahkan kecelakaan kecil saat dia berolahraga. 

Banyak kacamata pelindung dibuat dengan jenis polikarbonat, yang sekitar 10 kali lebih keras daripada bentuk plastik lainnya.

5. Gunakan kacamata hitam

Kacamata hitam tidak hanya untuk terlihat keren. Mengenakan kacamata adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Bunda ambil untuk mengurangi mata minus. Untuk ini Bunda akan membutuhkan kacamata hitam yang menghalangi 99 hingga 100 persen radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari.

Kacamata hitam membantu melindungi mata dari kondisi yang berasal dari kerusakan mata. Ini termasuk katarak, degenerasi makula, dan pterigium – pertumbuhan jaringan di atas bagian putih mata. Pterigium dapat menyebabkan astigmatisme, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Mengenakan topi bertepi lebar juga dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari.

6. Ikuti aturan 20-20-20

Mata bekerja keras di siang hari dan perlu istirahat sesekali. Ketegangan bisa sangat intens jika Si Kecil belajar di depan komputer untuk waktu yang lama. Untuk meredakan ketegangan, ikuti aturan 20-20-20.

Itu berarti setiap 20 menit, Si Kecil harus berhenti menatap komputer dan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik.

7. Pelajari riwayat kesehatan mata keluarga Bunda & Ayah

Beberapa kondisi mata bersifat turun temurun, jadi mengetahui kondisi mata yang dimiliki orang tua atau kakek nenek Ayah dan Bunda dapat membantu Bunda mengambil tindakan pencegahan.

Kondisi keturunan meliputi:

  • glaukoma
  • degenerasi retina
  • degenerasi makula terkait usia
  • atrofi optik

Memahami riwayat keluarga dapat membantu Bunda mengambil tindakan pencegahan dini.

8. Jaga kebersihan tangan dan lensa 

Mata sangat rentan terhadap kuman dan infeksi. Bahkan hal-hal yang hanya mengiritasi mata dapat memengaruhi penglihatan juga lho, Bunda. Oleh karena itu, ajarkan Si Kecil untuk harus selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mata mereka.

Demikian delapan cara untuk mengurangi mata minus dan meningkatkan kesehatan mata pada anak ya Bun, yuk bareng-bareng kita praktekkan untuk seluruh keluarga tercinta.

Simak juga penjelasan apakah wortel bisa sembuhkan mata minus dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi