sign up SIGN UP search

parenting

2 Hal Penting yang Ortu Butuhkan Saat Bonding Bersama Anak di Masa Pandemi

Annisa Karnesyia Jumat, 23 Jul 2021 13:50 WIB
SENTUHAN FISIK DENGAN MEMBACA BUKU BERSAMA
Ilustrasi anak membaca caption

2. Sentuhan fisik

Bonding juga bisa dilakukan dengan melakukan sentuhan fisik dari Bunda ke buah hati. Lewat sentuhan ini, hormon oksitosin atau anti-stres bisa terangsang dan bermanfaat untuk Bunda dan si Kecil.

"Lewat sentuhan itu kita bisa merangsang hormon oksitosin, ini vice versa atau ada timbal alik di anak dan ibunya. Oksitosin adalah salah satu hormon anti-stres yang kalau muncul bisa membuat kita merasa hangat dan dekat satu sama lain," ujar Ratih.

Salah satu aktivitas sentuhan fisik yang bisa dilakukan bersama anak adalah membacakan buku, Bunda. Sejak dini, aktivitas ini sudah bisa dikenalkan untuk mendekatkan diri ke anak hingga dia dewasa nanti.


Menurut sebuah penelitian, membaca buku itu ternyata bisa menurunkan stres jauh lebih rendah dibandingkan jalan pagi atau main game lho. Nah, selain untuk anti-stres, membacakan buku juga bisa melatih kemampuan anak untuk mendengarkan dan belajar bicara.

"Membacakan buku ini bisa dimulai dari bayi. Kita bisa membuat anak merasa nyaman dengan secara rutin menghabiskan waktu bersama. Itu nanti dapat dicicil sampai dewasa, jadi ketika dia mulai kenal teman, kita sudah punya cantolannya dari sekarang. Kalau ada apa-apa, dia akan lari ke ibunya," ungkap Ratih.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!