sign up SIGN UP search


parenting

5 Trik Jitu Anti Panik Menghadapi Growth Spurt pada Bayi

Nanie Wardhani Rabu, 15 Sep 2021 09:58 WIB
Ilustrasi nama bayi caption

Sudahkah Bunda melalui proses perkembangan bayi kecil Bunda yang dinamakan growth spurt? Dilansir dari Healthline, growth spurt atau percepatan pertumbuhan adalah waktu di mana bayi Bunda memiliki periode pertumbuhan yang lebih intens dibandingkan periode-periode biasanya.

Selama waktu ini, mereka mungkin ingin lebih sering menyusui, mengubah pola tidur, dan biasanya sih akan lebih rewel, Bunda. Biasanya Bunda akan merasa seolah proses growth spurt ini tak pernah berakhir. Padahal growth spurt biasanya hanya berlangsung beberapa hari hingga seminggu.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan selama tahun pertama bukan hanya tentang ukuran, tetapi juga tentang perkembangan. Selama periode ketika bayi sedang mempelajari keterampilan baru, Bunda mungkin akan melihat beberapa indikator yang sama ini berlangsung kembali. 


Apa yang bisa Bunda lakukan untuk menghadapi growth spurt?

  • Beri Si Kecil makan saat dia lapar. Jika Si Kecil yang disusui biasanya senang melalui tiga jam di antara waktu menyusui tetapi tiba-tiba tampak lapar setelah hanya 2 jam (atau bahkan 30 menit), maka lanjutkan menyusui dan beri makan sesuai permintaannya. Ini biasanya hanya akan berlangsung beberapa hari dan ASI tambahan akan memastikan bahwa pasokan Bunda memenuhi kebutuhan mereka.
  • Bantu Si Kecil tidur. Lakukan yang terbaik untuk mengikuti tuntutan Si Kecil jika dia membutuhkan istirahat tambahan. Jika Bunda sepertinya tidak bisa membuat mereka tidur, Bunda sebaiknya bisa lebih sabar ya, bahkan jika keadaannya sedikit lebih menantang pada waktu tidur atau dengan bangun di malam hari. Penting untuk mempertahankan rutinitas dan jadwal waktu tidur Bunda yang biasa jika memungkinkan saat melalui periode growth spurt ini. Hal ini akan membuat Bunda kembali ke kondisi awal lebih mudah setelah melalui proses growth spurt.
  • Sabar dan penuh kasih sayang. Tawarkan pelukan ekstra dan waktu yang menenangkan bersama. Ketika mereka rewel, Bunda bisa mencoba skin-to-skin, mandi, membaca, bernyanyi, bergoyang, berjalan-jalan di luar, atau apa pun yang disukai bayi Bunda.
  • Jaga kesehatan Bunda baik-baik. Bukan hanya Si Kecil yang mengalami perubahan ini. Mereka juga bisa keras pada Bunda. Perhatikan kebutuhan Bunda sendiri untuk makan dan istirahat. Biarkan orang lain yang menyayangi Si Kecil membantu dengan perawatan agar Bunda bisa beristirahat.
  • Perhatikan kesehatan bayi secara keseluruhan. Mengingat bayi tidak dapat memberi tahu kita bagaimana perasaan mereka pada tahun pertama, sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan ada sesuatu yang tidak beres. Jika Si Kecil mengalami gejala lain di luar apa yang dijelaskan di atas, pertimbangkan apakah itu mungkin sesuatu selain lonjakan pertumbuhan. 

Jika bayi Bunda menunjukkan tanda-tanda penyakit seperti demam, ruam, dehidrasi (hanya sedikit pipis dan buang air besar), atau menunjukkan masalah lain, pastikan untuk berbicara dengan dokter anak Bunda ya.

Lalu info apa lagi yang perlu Bunda ketahui mengenai growth spurt? Simak lengkapnya di halaman berikut Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



WAKTU DAN TANDA MUNCULNYA GROWTH SPURT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!