sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Bedakan Gejala Alergi dan Gangguan Saluran Cerna Fungsional pada Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 14 Oct 2021 08:22 WIB
Bayi menangis caption
Jakarta -

Bunda pernah dengar fungsional gastrointestinal disorder (FGDI) atau gangguan saluran cerna fungsional pada bayi? Masalah kesehatan pada anak ini ternyata memiliki gejala yang sama seperti alergi lho.

Secara umum, bayi memang rentan mengalami gangguan di saluran cerna. Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, dr. Frieda Handayani, SpA(K), mengatakan, hal tersebut dapat terjadi karena saluran cerna anak belum berkembang secara sempurna di dua tahun pertama kehidupannya.

"Dua tahun pertama adalah masa emas yang dapat terganggu bila ada masalah di saluran cerna. Anak sering mengalami infeksi, sehingga akan kehilangan kesempatan. Daya tahan tubuhnya belum berkembang sempurna, sehingga rentan infeksi," kata Frieda, dalam 'Webinar Gejala Alergi Saluran Cerna VS Gangguan Saluran Cerna Fungsional: Cara Membedakannya' oleh Danone Specialized Nutrition Indonesia via Zoom, Rabu (13/10/21).


Gangguan saluran cerna fungsional

Gangguan saluran cerna fungsional adalah gejala saluran cerna kronis yang terjadi dalam jangka panjang maupun berulang. Penyebabnya tidak dapat dijelaskan baik secara struktur ataupun biokimia.

Jenis gangguan saluran cerna fungsional yang paling umum dialami anak adalah kolik, gumoh, dan konstipasi. Gumoh dialami hampir 30 persen anak di bawah usia 6 bulan. Sementara itu, kolik dialami sekitar 20 persen bayi di awal kelahirannya, konstipasi 15 persen, dan diare kurang dari 10 persen.

Penyebab gangguan ini cukup kompleks, Bunda. Faktor biologis, psikososial, dan faktor lingkungan atau budaya bisa memengaruhi anak terkena gangguan saluran cerna fungsional.

"Faktor biologis disebabkan karena sistem pencernaan anak belum matang di awal kehidupannya. Psikososial bisa karena hubungan antara orang tua di rumah dan pola asuh. Sedangkan faktor lingkungan atau budaya dapat disebabkan kebiasaan pemberian MPASI yang menimbulkan masalah di saluran cerna bayi," ujar Frieda.

Lalu apa beda gejala pada gangguan ini dengan gejala alergi ya, Bunda? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 7 tahapan perkembangan bayi 1 bulan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

GEJALA ALERGI PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!