sign up SIGN UP search

parenting

Tips Mudah Melatih Anak Lebih Ekspresif ala Tasya Kamila, Coba Ajak Nyanyi

Annisa Karnesyia Senin, 15 Nov 2021 15:28 WIB
Tasya Kamila dan Anaknya Tasya Kamila dan Anaknya/ Foto: Instagram @tasyakamila
Jakarta -

Tasya Kamila kini disibukkan dengan peran barunya sebagai seorang Bunda. Sang putra, Arrasya Wardhana Bachtiar, sekarang sudah berusia dua tahun lho.

Arrasya tumbuh menjadi anak yang aktif dan ekspresif, Bunda. Setidaknya, hal inilah yang sering dibagikan Tasya di media sosialnya.

Dalam beberapa unggahan, Tasya kerap berbagi soal aktivitas Arassya selama di rumah. Salah satunya adalah hobi sang putra yang suka bernyanyi dengan ekspresif.


Tasya ternyata punya trik khusus agar anaknya selalu aktif dan ekspresif. Sejak masih hamil, wanita 28 tahun ini sudah sering mengajak ngobrol sang buah hati dalam kandungan, Bunda.

Banner Ricky Soebagdja dan istri

"Aku sebagai ibu sih masih belajar. Tapi, selama ini, aku selalu ajak ngobrol Arrasya, bahkan sejak hamil dan dia baru lahir," kata Tasya, dalam acara Media Gathering Early Learning Centre, di Signatures Restaurant Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (11/11/21).

"Aku ajak ngomong dan selalu tatap mata dia. Kalau dia pipis atau nangis, aku ajak ngomong terus," sambungnya.

Selain mengajak bicara sang putra sejak masih bayi, Tasya juga sering membacakan buku cerita nih. Ia merasa cara ini bisa membuat anaknya jadi ekspresif karena bisa berimajinasi dengan bebas.

Istri Randi Bachtiar ini pun kerap mengajak anaknya bernyanyi bersama. Tasya yakin bahwa aktivitas tersebut bisa mengoptimalkan tumbuh kembang Arrasya.

"Kalau malam ada story time. Jadi banyak buku yang dibacakan ke anak dengan ekspresi dan suara berbeda. Kita juga perlu lihat ekspresi anaknya, kalau lagi tantrum, belum bisa. Sebenarnya, banyak media yang bisa melatih anak bicara selain membaca, seperti nyanyi bareng," ujar Tasya.

Bagi Tasya, menyisihkan waktu untuk bermain bersama Arrasya begitu penting. Ia banyak memilih permainan edukatif sesuai usia sang putra untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Tasya juga membatasi Arrasya bermain gadget. Meski dibatasi, Arassya sendiri ternyata tidak terlalu tertarik dengan gadget.

"Aku 1 jam dibagi empat sesi, jadi 15 menit (main gadget). Tapi, dia enggak terlalu doyan main gadget dan lebih tertarik buka tutup atau nyalain lampu. Arrasya enggak attach dengan gadget karena dikasih mainan apa pun, dia langsung tertarik," kata Tasya.

Tasya banyak menggunakan media permainan untuk melatih tumbuh kembang anaknya. Simak cerita lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga curhat Tasya Kamila saat dirinya mengalami baby blues, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
CARA TASYA AJARKA KEBAIKAN MELALUI PERMAINAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!