parenting

7 Obat Gatal Anak, Berbentuk Salep hingga hingga Lotion yang Aman untuk Kulit

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Minggu, 13 Feb 2022 19:44 WIB

5. Purekids Itchy Cream

Purekids Itchy Cream dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk, serangga, biang keringat, serta bisa menyejukkan kulit.

Krim gatal ini mengandung oat kerel yang bisa meredakan rasa gatal dan melembabkan kulit. Selain itu, ada kandungan calamine untuk efek anti iritasi, cajuput oil untuk antiseptik, dan chamomile yang bisa melawan bakteri penyebab infeksi.

Dosis penggunaan krim dapat menyesuaikan kebutuhan. Sementara itu, aturan pakai adalah dengan dioleskan pada area atau kulit yang gatal. Obat ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun.


6. Lactacyd Baby

Lactacyd Baby mengandung bahan alami lactic acid dan lactoserum dari ekstrak susu. Obat gatal ini juga memiliki kandungan pelembab kulit yang bisa merawat kulit kering dan mencegah iritasi ringan hingga gatal.

Lactacyd memiliki pH yang sesuai dengan kondisi kulit normal, sehingga dapat melindungi kulit bayi dari bakteri, Bunda. Kandungan di obat gatal ini juga sudah teruji secara dermatologi aman digunakan setiap hari.

Sebelum diberikan, kocok dulu obat lalu tuangkan secukupnya di telapak tangan dan gunakan seperti sabun cair saat memandikan bayi. Setelah digunakan, bilas dengan air hingga bersih ya.

Lactacyd Baby dapat digunakan pada bayi dan anak-anak. Petunjuk pemakaian dan aturan pakai bisa dibaca di kemasan.

7. Mesol

Mesol 4 mg adalah obat yang mengandung metilprednisolon, yakni golongan obat kortikosteroid yang bisa mengurangi reaksi inflamasi, seperti gatal atau kemerahan di kulit. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah di kulit, seperti dermatitis.

Penggunaan obat mesol 4 mg harus dengan resep dokter ya, Bunda. Obat ini bisa menimbulkan efek samping, seperti masalah pencernaan, keringat berlebih, katarak, tukak lambung, dan gangguan pertumbuhan.

Dosis obat untuk anak usia kurang 12 tahun adalah 0,8 sampai 1,5 mg/kgBB per hari untuk dosis awal. Pemberian dosis tidak boleh lebih dari 80 mg per hari.

Sedangkan untuk anak di atas 12 tahun, dosis awal adalah 4 sampaiĀ 48 mg per hari yang dikonsumsi dalam dosis tunggal atau terbagi. Dosis pemeliharaan untuk dewasa adalah 4 sampai 16 mg per hari.

(ank/rap)
Loading...

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT