sign up SIGN UP search


parenting

Makna di Balik Baju Baru Saat Lebaran yang Harus Ditanamkan ke Anak-anak

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 01 May 2022 09:10 WIB
Anak Muslim Makna di Balik Baju Baru Saat Lebaran yang Harus Ditanamkan ke Anak-anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Membeli baju baru di hari Lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Katanya, tak afdol bila Lebaran tanpa baju baru. Bunda setuju enggak nih?

Tidak ada yang salah membeli baju baru untuk Lebaran. Tapi jangan sampai anak kita salah memaknainya maksudnya, Bunda.

Baju Lebaran enggak harus baru. Menurut anggota Majelis Pembinaan Kader PP Aisyiyah, Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., M.Ag., Lebaran itu yang penting ketika salat Idul Fitri, kita mengenakan baju bersih atau yang paling bagus.


"Ini memang sudah kebiasaan dari dahulu. Apalagi kalau teman-teman sebaya anak pakai baju baru saat Lebaran dan dia akan sedih kalau tidak pakai baju baru," kata Ustazah Lailatis saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

Banner 40 Ciri Hamil

"Di sini kita bisa menjelaskan kalau yang penting itu pakai baju paling bagus, tidak harus baru," sambungnya.

Memaknai arti baju Lebaran sebenarnya dapat dimulai sejak dini, Bunda. Caranya dengan menanamkan kebiasaan dalam keluarga.

Bila kita tidak menjadikannya tradisi wajib, tentu anak akan belajar bahwa baju baru bukan suatu keharusan di hari Lebaran. Sebaliknya, bila kita menjadikannya suatu tradisi tahunan, anak bisa menganggap penting hal tersebut.

"Kita dalam keluarga perlu mempraktikkan, kalau sudah terbiasa tidak membeli baju Hari Raya, maka insya Allah anak akan paham. Tapi kalau setiap Hari Raya orang tua selalu semangat beli baju baru, ya mungkin agak sulit ya menjelaskannya ke anak," ujar Ustazah Lailatis.

Dalam memaknai baju Lebaran ini, kita perlu menggunakan konsep orang tua adalah role model. Artinya, kita harus memberikan contoh bahwa baju baru Lebaran bukan suatu keharusan.

"Bisanya itu dimulai dati keluarga, orang tua yang mencontohkan," ungkap Ustazah Lailatis.

Meski begitu, menjelaskan makna baju baru ini mungkin sulit pada anak. Simak penjelasan lengkap dari Ustazah Lailatis di halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga cara menumbuhkan budaya baca pada anak di bulan Ramadan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

USIA ANAK BISA DIAJARKAN MAKNA BAJU BARU LEBARAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!