sign up SIGN UP search


parenting

Bolehkah Mengerik Anak Demam dengan Bawang Merah? Ini Kata Dokter..

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 23:00 WIB
Red onions on wood board ilustrasi bawang merah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/greenp
Jakarta -

Bunda, sudah bukan hal asing ya kalau sebagian masyarakat masih mempraktikkan resep tradisional untuk mengobati sebuah penyakit. Misalnya, mengerik anak demam dan kembung dengan bawang merah. Ya, tradisi kerokan memang kerap kali dilakukan untuk obati badan ketika sedang tidak fit.

Profesor Dr dr. Dikdik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes, telah melakukan penelitian terhadap metode pengobatan tradisional ini, Bunda. Katanya, kerokan memang dapat memberikan beragam manfaat yang baik bagi tubuh.

Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta ini mengungkapkan bahwa bayi maupun balita bisa diobati dengan metode kerokan, Bunda. Akan tetapi, dalam pengaplikasiannya harus diperhatikan.


"Kekuatan kerokan harus disesuaikan. Jangan terlalu kuat mengerok bayi dan anak-anak," tutur Prof. Dikdik.

Pesan tersebut menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebab, anak usia dini memiliki jaringan kulit yang masih lemah dan rentan terhadap tekanan, khususnya pada bayi.

Bagaimana dengan menggunakan bawang merah? Prof. Dikdik juga menganjurkan agar menggunakan bawang yang telah dipotong dibandingkan koin seperti pada umumnya. Selain itu, ia juga mengatakan tak perlu lama-lama karena khawatir bisa membuat kulit bayi iritasi.

Sementara itu, dr.Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA, mengungkapkan bahwa mencampurkan bawang merah dan minyak telon merupakan cara tradisional yang memang sudah dikenal di masyarakat, tetapi sebenarnya menurutnya, 'ramuan' itu hanya menghangatkan saja dan bukan menyembuhkan.

"Bawang merah dicampur telon sebenarnya merupakan cara tradisional dari prinsip orang lama yang tujuannya baik yaitu menghangatkan perut bayi," katanya, dikutip dari detikcom.

Menurutnya, pemakaian bawang merah sebenarnya tidak disarankan karena bawang merah sebenarnya bersifat panas dan iritatif untuk kulit dan bisa menyebabkan alergi serta iritasi apalagi jika ditambah dengan minyak telon yang juga bisa mengandung kandungan iritatif lainnya, Bunda.

Jadi, bagaimana cara tepat mengatasi anak ketika demam saat di rumah? Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga perbedaan cacar air dan cacar monyet melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA TEPAT TANGANI ANAK DEMAM DI RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!