sign up SIGN UP search


parenting

Kini Jadi Orang Terkaya Indonesia, Chairul Tanjung Kecil Pernah Jualan Es Mambo

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 18:00 WIB
E-book Chairul Tanjung Chairul Tanjung/Foto: Detikcom
Jakarta -

Siapa yang tidak mengenal sosok Chairul Tanjung. Ia menjadi salah satu pengusaha Tanah Air dan masuk dalam daftar orang kaya di Indonesia.

Kesuksesan Chairul Tanjung ditandai dengan lahirnya sejumlah perusahaan di berbagai bidang. Mulai dari bidang finansial berupa Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Allo Bank, dan sebagainya, hingga bisnis di bidang penyiaran seperti Trans Tv, Trans7, detikcom, dan masih banyak lagi.

Jiwa bisnis dalam diri Chairul Tanjung ternyata sudah mulai tumbuh saat ia menduduki bangku kuliah. Demi bisa membayar uang pendidikan, ia harus menjual buku, kaos, dan sebagainya.


Namun jauh sebelum itu, pria kelahiran 60 tahun silam ini sudah mengenal bisnis sejak usia dini. Chairul Tanjung menceritakan, bahwa momen itu terjadi ketika ia masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Ketika masih sekolah di SD, saya masih ingat betul pernah ditugaskan berjualan di depan kelas," tuturnya.

Dalam tugas tersebut, ia bersama seorang teman bergiliran menjual jajanan di jam istirahat. Usai menjalankan tugas, keduanya melaporkan hasil penjualan dan menyetor uang yang diperoleh.

Banner Lahirkan Bayi Down Syndrome

"Tugas itu diberikan kepada dua anak. Dua kali istirahat secara bergiliran berjualan es mambo, kacang, dan jajanan lainnya."

"Seusai istirahat kedua, kami laporkan hasil penjualan dan menyetorkan uangnya," sambungnya.

Ayah Putri Tanjung itu turut mendapatkan upah dari usaha menjual dagangan. Meski tak seberapa, namun itu ia nilai sebagai pelajaran yang amat berharga.

"Jika dagangan habis, akan diberi uang seharga satu es mambo sebagai upah. Sebaliknya, jika tidak habis, upah pun masih tetap akan diberikan, yaitu satu es mambo."

"Di sini bukan nominal upah yang saya pelajari, tapi tanggung jawab untuk melaporkan dan mengembalikan hak yang bukan milik saya sebagai sebuah pendidikan akan integritas diri. Selain itu, adalah menghitung untung rugi dalam dagang. Hal ini tidak mudah dilakukan bagi anak seusia sekolah dasar," tuturnya.

Dengan pengalaman dan ilmu yang diperoleh Chairul Tanjung di masa kecil tersebut, ternyata berhasil mengantar ia menjadi sosok seperti sekarang.

Bunda masih ingin tahu lebih lanjut perjalanan hidup Chairul Tanjung? Kisah selengkapnya bisa Bunda baca dengan mendownload e-book Chairul Tanjung-Si Anak Singkong di sini secara gratis dan dapatkan kesempatan dinner bareng Chairul Tanjung. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 13 manfaat dan keuntungan menggunakan Allo Bank dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!