sign up SIGN UP search


parenting

5 Pantun Kesehatan & Maknanya untuk Ajarkan Anak Hidup Sehat dengan Cara Fun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 27 Jul 2022 18:10 WIB
Ilustrasi anak membaca puisi atau syair 5 Pantun Kesehatan & Maknanya untuk Ajarkan Anak Hidup Sehat/Foto: Getty Images/iStockphoto/photosvit
Jakarta -

Pantun termasuk karya sastra yang sering didengar. Tak hanya di sekolah, bahkan konten-konten media sosial kini banyak yang berwujud pantun.

Pantun sendiri ada banyak jenisnya, seperti pantun teka-teki, pantun jenaka, pantun seloka, dan pantun nasihat. Lantas, apa itu pantun kesehatan? Termasuk dalam jenis pantun apakah kategori ini?

Sebelum menjawab hal di atas perlu Bunda ketahui pantun seperti ini jadi cara menyenangkan mengajarkan hidup sehat pada anak. Karena seperti Bunda tahu, anak agak sulit nih jika diminta mendengarkan nasihat orang tua. Namun, jika dilakukan secara gembira, Si Kecil akan lebih paham nilai-nilai yang coba Bunda sampaikan.


Banner Tips Besarkan Anak AutismeFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Definisi pantun dan pantun kesehatan

Pantun secara harfiah berasal dari kata 'Patuntun' yang memiliki arti 'panuntun'. Termasuk bentuk puisi yang tiap baitnya terdiri dari empat baris dan berketukan a-b-a-b. Baris pertama dan kedua biasanya berupa sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi atau tujuan dari pantun.

Pantun mempunyai fungsi dan peranan tertentu seperti halnya karya sastra. Adapun pantun kesehatan termasuk dalam pantun nasihat yang berisi mengajak kebaikan agar hidup sehat. Berikut ini diberikan beberapa contohnya, yaitu:

Contoh pantun kesehatan 1

Seru berkebun menanam benih
Tengok dapur tercium aroma terasi
Banyak-banyak minum air putih
Hilang dahaga tidak dehidrasi

Contoh pantun kesehatan di atas memberi nasihat agar cukup minum air putih supaya tubuh tidak kehausan dan tidak mengalami dehidrasi. Karena tubuh yang selalu terhidrasi menjadi kunci tubuh dan kulit yang sehat.

Contoh pantun kesehatan 2

Pergi ke taman kota naik sepeda
Bunga di taman banyak yang mekar
Jangan lupa berolahraga
Supaya tubuh sehat dan bugar

Contoh pantun kesehatan di atas memberikan nasihat dan ajakan rajin berolahraga supaya tubuh selalu sehat dan bugar.

Contoh pantun kesehatan 3

Kalau tuan menangkap hama
Gunakan obat di dalam botol
Kalau tuan sayang nyawa
Jauhi minuman yang beralkohol

Makna dari contoh pantun kesehatan adalah ajakan untuk menjauhi minuman beralkohol. Karena minuman beralkohol memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan bahkan berisiko menyebabkan kematian.

Contoh pantun kesehatan 4

Pergi ke kebun menanam sayuran
Ada seledri dan juga tomat
Banyak-banyak makan sayuran
Agar tubuh kamu jadi kuat dan sehat

Contoh pantun kesehatan memiliki maksud mengajar mengonsumsi sayur agar tubuh menjadi sehat. Karena sayuran kaya akan nutrisi yang tentunya tidak terdapat di makanan cepat saji.

Contoh pantun kesehatan 5

Bersiap ke pasar pakai sandal baru
Pergi berbelanja kebutuhan pokok
Bersikap sayanglah dengan paru-paru
Jangan pernah coba mengisap rokok

Contoh pantun kesehatan di atas bermaksud mengajak setiap orang menghindari rokok yang dapat merusak paru-paru. Terlebih rokok memiliki kandungan yang juga berbahaya bagi orang lain yang mengisap asapnya, termasuk anak-anak.

Demikian beberapa contoh pantun kesehatan yang berisi nasihat tentang hidup sehat. Ajakan hidup sehat memang bisa disampaikan melalui bentuk apapun termasuk puisi yang kiranya memberi nilai lebih dalam penyampaiannya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips besarkan anak cerdas macam Maudy Ayunda.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!