sign up SIGN UP search

parenting

7 Dampak Psikologis Anak Punya Adik yang Sering Tidak Disadari Orang Tua

Kinan   |   Haibunda Kamis, 26 Jan 2023 12:25 WIB
Psikologi anak mau punya adik Psikologi anak mau punya adik/ Foto: iStockphoto

Menjadi seorang kakak bukan hal yang mudah bagi anak lho, Bunda. Ada beberapa perubahan psikologis yang sangat mungkin ia rasakan saat akan memiliki adik, dan kadang hal ini luput dari perhatian orang tua.

Terutama pada anak usia 2-4 tahun, yang masih ingin mendapat perhatian dari orang tua, perubahan psikologis ini juga bisa mengarah pada kecemburuan.

Meski begitu, bukan berarti anak yang berusia lebih besar tidak merasakannya, ya. Setiap hal besar membutuhkan proses adaptasi.


Maka dari itu, orang tua perlu memastikan untuk tetap memberi perhatian dan kasih sayang yang sama. Terpenting, hindari 'memaksa' anak untuk buru-buru menerima kehadiran adik, biarkan anak belajar menyesuaikan emosinya sendiri.

Dampak psikologis anak punya adik

Lantas apa saja dampak-dampak psikologis yang mungkin dapat terjadi ketika seorang anak akan memiliki adik baru? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Mudah marah dan sedih

Dikutip dari Parents, salah satu dampak psikologis anak punya adik yakni emosinya menjadi labil. Ia mungkin akan jadi mudah marah dan sedih. Hal ini umumnya terjadi pada anak yang berusia sekitar 2 tahun.

"Ini bisa menjadi jalan yang sulit secara emosional untuk menjadi kakak saat usianya belum mencapai 2 tahun. Pada saat ini, anak masih ingin mendapat perhatian penuh dari orang tua," ujar Fran Walfish, Psy.D., penulis The Self-Aware Parent.

2. Kecemburuan

Salah satu tanda kecemburuan yang mungkin terjadi sebagai dampak psikologis anak punya adik yakni regresi atau kemunduran. Misalnya, anak tadinya sudah bisa makan sendiri tapi kemudian jadi minta disuapi lagi.

Hal tersebut juga lebih sering terjadi pada waktu malam hari sebelum tidur, di mana biasanya anak dibacakan dongeng atau ditemani tapi kini sulit karena sudah ada adik bayi.

"Kebanyakan anak usia balita dan prasekolah rentan mengalami regresi. Tapi tak semua demikian. Sebagian dari mereka bisa jadi justru jadi lebih mandiri," ungkap Jenn Berman, Psy.D., penulis The A to Z Guide to Raising Happy, Confident Kids.

Simak lanjutan informasi di halaman selanjutnya, Bunda!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak tips Whulandari atasi kecemburuan anak pertama pada adiknya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
MULAI BELAJAR MENGONTROL EMOSI DAN JADI LEBIH MANDIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!