parenting

9 Cara Membangunkan Anak saat Sahur agar Tidak Rewel & Tanpa Drama

Mutiara Putri   |   HaiBunda

Rabu, 22 Mar 2023 21:55 WIB

Jakarta -

Anak-anak perlu diajarkan berpuasa sejak usia dini. Karena belum terbiasa, membangunkan anak sahur menjadi lebih sulit dan banyak drama, ya?

Setiap keluarga memiliki cara tersendiri untuk sahur sebelum menjalankan ibadah puasa, Bunda. Namun, umumnya sahur dilaksanakan beberapa jam sebelum adzan Subuh.

Jangan jadikan kesulitan membangunkan anak sebagai alasan menunda mereka belajar berpuasa, ya. Kalau merasa sulit, Bunda bisa cari tahu beberapa tips membangunkan anak sahur tanpa rewel dan drama.


Cara membangunkan anak saat sahur

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan anak saat sahur agar tidak rewel dan tanpa drama, Bunda. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini deretannya:

1. Atur jam tidur

Merangkum dari buku 1001 Cara Dahsyat Melatih Anak Berpuasa karya Bunda Nafisah Aulia, jadwal anak di bulan Ramadan berbeda dengan bulan lainnya. Aktivitas anak juga akan berubah termasuk makan sahur.

Pada anak prasekolah normalnya tidur 10 hingga 12 jam per hari. Jika anak ikut makan sahur, sebaiknya tidak membangunkan mereka terlalu larut. Jika sahur biasanya dilakukan pada akhir malam seperti jam 4 pagi, bangunkan anak pada setengah jam sebelum makan sahur.

2. Selalu bangunkan anak

Pada awalnya, anak memang belum terbiasa bangun sendiri. Namun, dengan bantuan Bunda dan Ayah, secara perlahan anak akan terbiasa terbangun pada jam-jam tersebut.

Lazada

3. Bujuk anak

Ketika anak masih malas-malasan atau enggan untuk bangun, jangan marahi mereka ya, Bunda. Tarik perhatian mereka dengan menonton film atau acara televisi favoritnya.

4. Tawarkan makanan yang ia biasa makan

Menyediakan makanan favorit untuk anak di kala sahur adalah salah satu cara mudah membangunkan mereka. Berikan mereka makanan yang biasa mereka makan saat sarapan atau makan siang sehingga anak jadi lebih bersemangat untuk bangun sahur.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya, yuk!

Bunda ingin membeli produk kesehatan dan kebutuhan untuk anak. Langsung aja yuk, Bun klik di sini.

Bunda, simak lagi video kenali kegiatan pondok Ramadan di sekolah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT