parenting

5 Langkah Penting Mengasuh Anak dengan Alergi agar Tak Ganggu Tumbuh Kembangnya

Mutiara Putri   |   HaiBunda

Jumat, 12 May 2023 19:40 WIB

Jakarta -

Anak-anak cenderung mengalami alergi terhadap berbagai macam alergen. Meski begitu, Bunda tetap bisa mengasuh dan merawat Si Kecil sehingga mereka tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menurut Dokter Anak Konsultan Alergi Imunologi, dr. Isman Jafar, Sp.A(K), alergi merupakan sistem kekebalan tubuh yang salah mengenali bahan yang sesungguhnya tidak berbahaya. Tubuh pun merasa terancam sehingga menimbulkan reaksi alergi.

"Alergi itu adalah sistem kekebalan tubuh salah mengenali bahan yang sesungguhnya tidak berbahaya menjadi ancaman sehingga menimbulkan reaksi alergi," katanya dalam acara Media Gathering SGM Eksplor ISOPRO SOY: Festival Soya Semua Anak Bisa Maju, Rabu (10/5/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Misalnya kita sama debu, itu kan enggak bahaya. Cuman pada orang-orang yang mengalami reaksi alergi, debu itu bisa bikin gejala-gejala bersin, bikin pilek, dan segala macam," sambungnya.

Meskipun anak mengalami suatu alergi, bukan berarti tumbuh dan kembangnya akan terhambat, Bunda. Mereka tetap bisa tumbuh dan berkembang seperti anak lainnya dengan beberapa langkah penting.

Langkah penting mengasuh anak alergi

Dalam acara yang sama, psikolog anak Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CPC, menjelaskan ada beberapa langkah penting dalam mengaasuh anak yang alergi, Bunda. Berikut ini deretannya:

1. Deteksi

Hal yang pertama perlu Bunda perhatikan adalah mendeteksi alergi sedini mungkin. Semakin cepat alergi terdeteksi, Bunda semakin cepat menemukan cara tepat untuk merawat anak.

"Kita harus banget deteksi. Deteksi dini itu sangat penting karena itu bisa menunjang kita dalam memberikan pengasuhan atau treatment yang paling tepat," jelasnya.

"Di usia 5 tahun itu adalah usia yang sangat-sangat keemasan, investasinya jangka panjang, sehingga perlu untuk kita maksimalkan. Kalau misalnya kesulitan, silakan hubungi dokter," tambah Irma.

2. Tingkatkan imunitas

Meningkatkan imunitas tubuh sangat penting bagi anak dengan alergi. Selain memberikan nutrisi dan asupan yang menunjang tumbuh kembangnya, Bunda juga perlu pastikan anak mendapat istirahat yang cukup.

"Tapi nutrisi saja juga enggak cukup. Penting banget juga istirahat. Kadang-kadang anak aktif itu tidurnya sedikit, pengennya main. Yang paling penting adalah dia punya waktu untuk bisa rileks, bisa santai," kata Irma.

Selain itu, jangan lupa untuk berikan vitamin yang sesuai dengan rekomendasi dokter anaknya, ya. Pantau juga anak agar selalu berlatih dan melakukan aktivitas fisik.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deretan langkah lainnya ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Simak juga video penyebab dan gejala bayi alergi ASI berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT