sign up SIGN UP search

trending

5 Fakta Ratusan Remaja di Ponorogo Minta Dispensasi Pernikahan Dini, Komnas PA Buka Suara

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 20:25 WIB
Unrecognizable newlywed couple doing a pinky promise Ilustrasi Fakta Permintaan Pernikahan Dini/Foto: Getty Images/iStockphoto/kyonntra
Jakarta -

Belum lama ini, heboh kasus pernikahan dini akibat pergaulan bebas di Ponorogo, Bunda. Pengadilan Agama (PA) Ponorogo setidaknya menerima sekitar 191 permohonan dispensasi pernikahan dini.

Tak hanya itu, dilaporkan juga sebanyak 184 permohonan diajukan untuk menikahkan anak berusia 15-19 tahun. Sementara itu, 7 anak lainnya berusia di bawah 15 tahun.

Pernikahan dini sendiri merupakan pernikahan yang dilakukan oleh anak remaja, Bunda. Menurut UU Perkawinan yang diatur dalam pasal 7 ayat (1), batas usia perkawinan yang diizinkan adalah jika wanita sudah berusia 16 tahun dan pria berusia 19 tahun.


Fakta remaja minta dispensasi pernikahan dini

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa fakta yang perlu Bunda ketahui tentang dispensasi pernikahan dini remaja, Bunda. Berikut ini deretannya:

1. Permintaan dikabulkan Pengadilan Agama

Dari banyaknya permintaan dispensasi pernikahan dini yang datang ke Pengadilan Agama Ponorogo, sebanyak 125 perkara telah dikabulkan, Bunda. Hal ini karena beralasan hamil dan melahirkan.

Sementara itu, sisanya dikabulkan karena anak-anak tersebut lebih memilih menikah karena sudah berpacaran. Mereka juga lebih memilih menikah daripada melanjutkan sekolah.

2. Komnas PA tidak benarkan fenomena ini

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, menyatakan fenomena permintaan dispensasi pernikahan dini ini terjadi di berbagai daerah di Indonesia khususnya pulau Jawa. Meski begitu, ia tidak membenarkan pernikahan anak dengan usia di bawah 19 tahun.

"Fenomena sekarang ini di awal tahun 2023 banyak laporan dari berbagai wilayah, khususnya di wilayah tengah dan timur. Dengan alasan bahwa hamil di luar nikah dan sebagainya," paparnya mengutip InsertLive.

"Nah itu semua diberikan dispensasi sekalipun kita tahu bahwa UU No. 19 tahun 2019 itu adalah sebuah perubahan yang tidak dibenarkan lagi anak-anak yang berusia di bawah 19 tahun menikah dan seterusnya," lanjut dia.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat fakta lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat lagi video istri Ridwan Kamil sayangkan tingginya kasus pernikahan dini di Jabar berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



FAKTA PERMINTAAN DISPENSASI PERNIKAHAN DINI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!