sign up SIGN UP search


Hasil test pack untuk tes kehamilan

Bundapedia

Test Pack

Tim HaiBunda   |   Haibunda

Test pack menjadi alat tes kehamilan yang mudah dan efektif untuk mengetahui apakah Bunda mengandung atau tidak. Test pack bekerja dengan mendeteksi hormon hCG dalam urine.

Hormon hCG atau human chorionic gonadotropin sendiri diproduksi oleh embrio di awal kehamilan yang nantinya menjadi bagian dari plasenta, Bunda. Jadi, saat terjadi pembuahan maka test pack akan menemukan kadar hCG yang tinggi.

Produksi hCG akan melonjak saat hamil, bahkan dua kali lipat setiap harinya. Hormon hCG diproduksi oleh sel-sel sinsitiotrofoblas plasenta selama kehamilan.


Dilansir NCBI, hormon inilah yang kemudian meransang korpus luteum untuk menghasilkan progesteron untuk mempertahankan kehamilan.

Keakuratan testpack untuk tes kehamilan

Tes kehamilan dengan tespack yang menggunakan urine ini disebut sekitar 99 persen akurat. Beberapa tes kehamilan dapat mendeteksi hCG sebelum Bunda terlambat menstruasi.

"Hasilnya akan lebih akurat bila menunggu hingga hari pertama terlambat haid. Hasil juga mungkin lebih akurat bila Anda melakukan tes di pagi hari saat urine tampak lebih pekat," kata ahli penyakit dalam dan endokrinologi bersertifikat, Brunilda Nazario, MD, dikutip dari Web MD.

Jenis-jenis test pack untuk tes kehamilan

Tespack dibagi dalam dua jenis, yaitu yang digital dan non-digital. Kenali masing-masing cara kerjanya:

Cropped shot of a young woman taking a pregnancy testtes pack untuk tes kehamilan/ Foto: Getty Images/katleho Seisa

Test pack non-digital

Test pack non-digital memiliki bentuk yang sederhana, yakni berupa stik atau strip sekali pakai. Mengutip Women's Health Magazine, tes kehamilan ini bekerja dengan cara mendeteksi hCG dalam urine hanya jika kadarnya cukup tinggi, yakni sekitar 40 mIU/mL.

"Bila tidak cukup sensitif untuk mendeteksi kadar hCG yang rendah, pada hari pertama atau kedua kehamilan, sering kali didapatkan hasil tes negatif dengan test pack non-digital," kata ahli endokrinologi reproduksi di Prelude Fertility, Daniel Shapiro, M.D.

Test pack digital

Bentuk test pack digital ini seperti pena atau lebih besar dari non-digital. Tes kehamilan digital menggunakan metode rapid assay delivery yakni cara untuk mendeteksi kehamilan lebih cepat.

Hasil dengan alat ini cukup sensitif untuk mendeteksi hCG sampai nilai 15 mIU/mL. Bahkan alat ini mampu mendeteksi konsepsi 10 hari setelah ovulasi, Bunda.

Hasil yang tertulis di test pack juga lebih jelas jika dibandingkan dengan non-digital. Namun, harganya cenderung lebih mahal karena menggunakan teknologi canggih.

Nah, setelah mengetahui jenis dan manfaat test pack, kini saatnya memahami cara pemakaiannya agar tes kehamilan akurat.

young woman with pregnancy test kitTest pack digital/ Foto: thinkstock

Cara pakai test pack yang tepat

1. Periksa tanggal kedaluwarsa

Supaya hasil yang didapatkan optimal, Bunda sebaiknya menggunakan test pack yang berkualitas. Pastikan untuk mengecek tanggal kedaluwarsa dan memastikan kemasannya utuh.

Test pack yang sudah kedaluwarsa sudah tidak layak digunakan karena sensitivitasnya menurun untuk mendeteksi kehamilan. Akibatnya, hasil yang ditunjukkan pun bisa tidak akurat.

Bunda dapat melihat tanggal kadaluwarsa di kemasan ya. Bila perlu tanyakan ke kasir atau penjaga apotek.

2. Baca petunjuk pemakaian test pack

Bunda juga perlu membaca petunjuk pemakanan test pack sebelum menggunakannya. Sebab, setiap merek alat tes kehamilan mungkin memiliki petunjuk pemakaian yang berbeda-beda.

Beberapa test pack menyatakan waktu pemakaian tertentu yang harus dipatuhi. Nah, bila membaca tes kehamilan setelah waktu yang ditentukan, mungkin Bunda akan mendapatkan hasil positif palsu.

Kendala tersebut biasanya terjadi pada Bunda yang menggunakan test pack non-digital. Jika menggunakan alat tes digital, hasil pemeriksaan tersebut bisa lebih akurat.

3. Jangan minum banyak air sebelum tes

Ibu Hamil Minum Air PutihIbu Hamil tidak disarankan banyak minum sebelum test pack/ Foto: iStock

Sebelum melakukan tes kehamilan, Bunda sebaiknya tidak banyak minum air atau cairan ya. Kelebihan cairan dalam tubuh bisa memengaruhi keakuratan hasil tes.

Bila urine terlihat encer atau berwarna kuning, sebaiknya tunda untuk melakukan tes. Urine yang encer cenderung memiliki kadar hCG yang dapat mengubah hasil tes.

Bunda sebaiknya melakukan tes ketika secara alami buang air kecil. Cara ini bisa menghindari pengenceran kadar hCG dan hasil negatif palsu.

4. Pastikan Bunda memahami siklus haid

Tes kehamilanTes kehamilan dengan mengenali periode menstruasi/ Foto: Thinkstock

Sebelum menggunakan test pack, Bunda perlu mengetahui siklus haid dulu ya. Menurut konselor Laktasi dan Doula, Robin Elise Weiss, PhD, MPH, mengetahui siklus haid penting untuk memastikan kapan hCG diproduksi oleh tubuh.

"Hasil negatif palsu bisa menyebabkan seseorang berpikir bahwa mereka tidak hamil ketika mereka benar-benar hamil. Jadi, tunggu hingga Anda melewatkan haid untuk mendapatkan hasil tes yang lebih akurat," ujar Weiss dikutip dari Health Central.

5. Jangan membaca hasil terlalu cepat

Saat menggunakan test pack, Bunda jangan terlalu cepat membaca hasil tes kehamilan yang diletakkan di dalam gelas urine ya. Misalnya, test pack digital rata-rata membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk mengetahui kehamilan.

Biasanya, saat urine melewati indikator test pack, hasil tes kehamilan seolah-olah sudah terlihat. Padahal, alat masih memproses hCG dalam urine yang kemungkinan terdeteksi dan menandakan kehamilan.

Bunda perlu mengikuti instruksi di kemasan dan menghindari memeriksa hasil terlalu dini. Jika perlu, atur timer untuk memberi tahu hasilnya di waktu yang telah ditentukan.

Cara membaca hasil test pack

Test pack mengandung substrat, yakni potongan bahan yang dapat bereaksi terhadap keberadaan hCG. Ketika substrat ini bereaksi dengan urine, ia akan menghasilkan hasil tes kehamilan.

Hasil test pack kehamilan ada yang berupa tanda 'plus' atau 'minus'. Paling umum hasilnya berupa satu garis menandakan tidak hamil atau dua garis yang menandakan positif hamil.

Pada umumnya berikut 3 pengetahuan dasar dalam membaca test pack:

  1. Muncul 1 garis merah muda berarti negatif
  2. Muncul 2 garis merah muda berarti positif
  3. Tidak ada garis merah muda - tidak valid karena penggunaan kit tidak tepat, kit kadaluarsa atau rusak, atau terlalu sedikit urine yang digunakan.

Hasil test pack kehamilan

Hasil test pack kehamilan tidak hanya positif dan negatif hamil ya, Bunda. Ada 4 hasil tes kehamilan dari alat ini yang perlu Bunda tahu, yakni:

Tanda positif hamil menggunakan test pack

Tes pack kehamilan akan dilengkapi dengan satu atau dua jendela pada alatnya. Pada test pack satu jendela, hasil positif ditunjukkan dengan munculnya dua garis.

Sementara itu, pada dua jendela, akan muncul satu garis dan tanda (+) di setiap jendela bila kehamilan benar-benar terjadi. Pada alat test pack digital, hasilnya mungkin akan terbaca 'positive' bila Bunda benar-benar hamil.

Tanda negatif hamil

Pada test pack satu jendela yang negatif, Bunda akan melihat satu garis, sementara pada dua jendela, hasilnya adalah satu garis dan tanda (-).

Pada test pack kehamilan digital, hasil negatif biasanya ditunjukkan dengan tulisan 'negative'.

Pregnancy test stick with two stripes standing on wooden table.Hasil test pack positif palsu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/adventtr

Hasil test pack positif palsu

Positif palsu (false positive) dapat menunjukkan Bunda hamil, padahal sebenarnya tidak hamil. Positif palsu bisa terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Cara penggunaan alat tes kehamilan yang salah
  • Test pack sudah kedaluwarsa
  • Ada pengaruh obat kesuburan
  • Terjadi keguguran atau kehamilan ektopik

Hasil test pack negatif palsu

Negatif palsu (false negative) adalah kebalikan positif palsu. Hasil menunjukkan tidak hamil, tapi sebenarnya Bunda sedang hamil.

Hasil negatif palsu dapat terjadi karena tubuh belum menghasilkan cukup hCG untuk dideteksi alat tes kehamilan. Semakin awal atau cepat melakukan tes, semakin tinggi risiko mendapatkan hasil negatif palsu ini.

Bila mendapatkan hasil negatif palsu tapi curiga hamil, Bunda dapat mengulang kembali tes dalam beberapa hari. Namun, jika masih negatif dan belum menstruasi, sebaiknya langsung cek ke dokter.

Hasil test pack samar

Hasil samar bisa muncul dari test pack. Hasil tes ini tidak selalu menandakan kehamilan, Bunda.

Kita bisa melihat garis samar positif di tes kehamilan, tapi beberapa hari kemudian justru mengalami haid. Hasil tes juga bisa menjadi negatif untuk kedua kalinya.

Berikut beberapa penyebab hasil test pack samar:

  • Tanda keguguran
  • Terjadi penguapan pada sampel tes
  • Jumlah kadar hCG di tubuh
  • Sensitivitas alat test pack rendah
  • Bunda memang benar hamil
Tes KehamilanTes Kehamilan dengan test pack/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Nah, untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang akurat dengan menggunakan test pack, ikuti beberapa tips dilandir Times Now News berikut ini:

  1. Pakai urine pertama di pagi hari untuk menggunakan test pack.
  2. Jauhkan tangan dari bagian test pack yang digunakan untuk menampung urine.
  3. Jangan melihatnya setelah 30 menit.
  4. Simpan urine dalam wadah kering dan bersih.

Semoga informasi mengenai test pack ini membantu ya, Bunda.

Untuk lebih jelasnya, simak mengenai penyebab hasil test pack negatif meskipun sudah terlambat haid dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!