sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Penyebab Ibu Hamil Ngidam: Hormon hingga Faktor Budaya

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Senin, 08 Feb 2021 19:31 WIB
Penyebab ibu hamil ngidam
Young pregnant woman enjoys eating croissant on the sofa. Unhealthy pastry during pregnancy concept. caption

3. Sinyal nutrisi silang

Ibu hamil bisa ngidam apa yang dibutuhkan tubuh dan menolak apa yang tak baik bagi tubuh. Misal saja, sebelum hamil, Bunda hobi banget minum kopi setiap pagi. Tapi saat hamil, Bunda tiba-tiba menghilangkan kebiasaan itu.

Tapi, bisa juga sebaliknya. Sebelum hamil, Bunda terbiasa sarapan sehat dengan menyantap salad atau oatmeal. Tapi begitu hamil, keinginan makan makanan sehat itu lenyap. Tubuh Bunda sebenarnya tahu yang dibutuhkan adalah nutrisi selama kehamilan, tapi malah ngidam makanan lain yang tak bergizi.

4. Butuh kenyamanan makan

Ibu hamil mungkinĀ ngidam makanan atau hidangan khusus yang biasa dimakan sejak kecil. Sebuah studi menemukan, kebanyakan ibu hamil di Jepang ngidam makan nasi. Jadi, kalau Bunda ngidam makan makanan yang biasa dikonsumsi semasa kanak-kanak, kenapa enggak?


5. Faktor budaya

Ada pengaruh budaya yang berperan saat ibu hamil ngidam. Biasanya, bumil ngidam makanan berdasarkan apa yang tersedia secara regional dan budaya. Sebuah studi terhadap lebih dari 200 peserta di Tanzania menemukan, ibu hamil ngidam daging (23,3 persen), mangga (22,7 persen), yoghurt (20 persen), jeruk (20 persen), pisang raja (15,3 persen), dan minuman ringan (13,3 persen).

Nah, Bunda yang sekarang sedang hamil, ngidam apa saja? Sudah terpenuhi belum? Kalau Ayah belum bisa mewujudkan ngidam Bunda, sini HaiBunda kabulkan lewat program: Bantu Ayah Penuhi Ngidam Bumil. Bunda dan Ayah tertarik ikutan? Langsung saja klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya.

Kuis Bantu Ayah Penuhi Ngidam Bumil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!