sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kelas Menyusui Online Bukan Cuma Belajar Teori, Tapi Juga Cara Pelekatan yang Tepat

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 10 Aug 2022 16:35 WIB
ASYIKNYA KELAS LAKTASI
Ilustrasi ibu menyusui caption

Pengalaman menyenangkan juga dirasakan oleh Yulita Angelina, Bunda Kelas Menyusui Online. Bunda yang akrab disapa Lina ini telah mengikuti kelas laktasi sejak sebelum melahirkan.

Menurutnya, Bunda dapat mengikuti kelas laktasi untuk memperluas wawasan seputar menyusui, terutama apabila Bunda tidak memiliki support system yang kuat.

"Terutama karena orang-orang di sekitar kita tidak ada yang mengerti soal menyusui. Tidak ada yang bisa berempati dengan kesakitan kita. Itu sakitnya bisa sampai berdarah-darah," ujar Lina.


"Suami bukannya tidak bisa, tapi mereka tidak tahu. Jadi dengan kita mempelajari soal menyusui, kita bisa komunikasikan ke suami sehingga dia bisa ikut mendukung," imbuh Zahra.

Banner Perut Kedutan Saat Hamil

Masalah lain yang juga bisa dialami oleh para busui adalah produksi ASI yang kurang optimal. Menurut Zahra, cara terbaik untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan memperbaiki perlekatan dan lebih sering melakukan pumping ataupun DBF.

"Perbaiki perlekatan, seringkan menyusui. Dua itu saja sudah bisa menaikkan produksi ASI," kata Zahra.

Namun, Bunda perlu waspada ketika produksi ASI melimpah namun sulit untuk keluar. Payudara membutuhkan bantuan agar mempermudah proses keluarnya ASI.

"Pijat laktasi bisa memperlancar aliran ASI, terutama di bagian yang keras. Kalau payudara ditekan sudah sakit, itu tandanya payudara sudah parah tersumbat jadi sangat butuh cepat dipijat laktasi," ucap Zahra.

"Tapi kalau sampai demam, apalagi ada benjolan, harus langsung ke dokter karena takutnya ada mastitis atau abses dan itu butuh penanganan dokter dan tidak bisa ditunda. Kalau ditunda, itu ada yang bisa berujung operasi," terangnya.

(anm/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!