kehamilan

10 Zat Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil & Manfaatnya bagi Perkembangan Janin

Muhayati Faridatun Minggu, 12 Jan 2020 06:57 WIB
10 Zat Gizi yang Dibutuhkan Ibu Hamil & Manfaatnya bagi Perkembangan Janin
Jakarta - Makanan apapun yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil tentu bukan untuk dirinya sendiri. Ada janin yang sedang berkembang dalam kandungan, yang juga membutuhkan asupan nutrisi.

Seperti dilansir Live Science, apa yang Bunda makan dan minum selama kehamilan adalah sumber utama nutrisi janin dalam kandungan. Jadi, para ahli menyarankan agar ibu hamil memiliki pola makan sehat, tentu dengan variasi makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizinya, serta mendukung tumbuh kembang janin.


"Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG), ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalsium, asam folat, zat besi, dan protein daripada wanita yang tidak hamil," demikian penjelasan dalam ulasan berjudul Pregnancy Diet & Nutrition: What to Eat, What Not to Eat tersebut.

Dijelaskan juga oleh dr.Fredrico Patria, Sp.OG, dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, makanan yang dimakan ibu hamil sangat menentukan kondisi sang ibu dan calon bayi.

"Perhatikan dan konsultasikan tentang makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil. Usahakan untuk memenuhinya tanpa berlebihan," terang Fredrico.

Dokter yang praktik di RS Permata Cibubur ini menambahkan, makanan bergizi yang dikonsumsi selama kehamilan berguna untuk menjaga persediaan energi ibu hamil, mencegah penyakit atau komplikasi kehamilan, dan mencegah gangguan saat bersalin akibat kekurangan tenaga.

Apa saja zat gizi yang harus dipenuhi ibu hamil dan manfaatnya? Buka halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video di bawah ini, tentang mual di pagi hari apakah pertanda hamil anak perempuan?

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi