sign up SIGN UP search


kehamilan

Bahaya Memakan Telur Mentah Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 06 Oct 2020 13:34 WIB
fresh organic farm eggs lie on burlap, on a wooden background caption
Jakarta -

Sebagian orang percaya bahwa telur mentah dapat membantu mempertahankan daya tubuh. Tak terkecuali ibu hamil, yang mengonsumsi telur mentah demi meningkatkan energi jelang persalinan. Waduh, benar enggak ya hal ini?

Melansir dari Parents, wanita hamil ternyata sebaiknya tidak mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Sebab, ada risiko telur tersebut tercemar salmonella, bakteri yang dapat menyebabkan demam, muntah, dan diare.

"Jika telur dimasak, risiko tersebut akan hilang," ujar Madeleine Sigman Grant, PhD, spesialis penyuluhan kesehatan dan gizi anak & ibu dari University of Nevada.


Telur merupakanĀ makanan bergizi dan padat nutrisi. Meski demikian, tidak dianjurkan ibu hamil mengonsumsi telur mentah yang tidak dipasteurisasi, seperti dikutip dari laman Medical News Today.

Walau ada beberapa orang yang menyukai mengonsumsinya dalam bentuk mentah atau setengah matang, namun FDA memperkirakan ada sekitar 79 ribu orang mengembangkan penyakit bawaan makanan, dan 30 orang meninggal setiap tahun karena memakan telur yang terkontaminasi salmonella.

Beberapa ayam membawa bakteri Salmonella typhimurium dan Salmonella enteritidis di organ reproduksinya. Sehingga untuk mencegah kontaminasi salmonella, penyajian dapat dilakukan dengan memanaskan telur dalam air panas termasuk dengan pasteurisasi ataupun dengan memasaknya hingga matang agar lebih aman dikonsumsi.

Nah, semoga informasi mengenai bahaya telur mentah bagi ibu hamil di atas membantu ya, Bunda. Lebih baik mencegah daripada berakibat buruk untukĀ kehamilan Bunda.

Simak juga pendapat dokter soal makan nanas pada saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi