sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Melancarkan BAB Pertama Usai Melahirkan, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Kamis, 31 Dec 2020 10:14 WIB
Ilustrasi wanita di toilet caption
Jakarta -

Melahirkan merupakan proses panjang yang dilalui wanita. Tak sedikit wanita mengalami kekhawatiran atas perubahan yang terjadi di tubuhnya, Bunda.

Salah satu kekhawatiran itu adalah saat harus buang air besar (BAB) usai melahirkan. Beberapa ibu juga kerap merasa bingung saat melakukan aktivitas ini.

Hal ini wajar terjadi ya, Bunda. Menurut dokter Obgyn Christine Masterson, M.D., masalah BAB memang biasa terjadi pada wanita usai melahirkan.


"Banyak hal yang memengaruhi pergerakan usus pasca melahirkan, termasuk hormon, apa yang dimakan, dan seberapa banyak wanita itu minum," kata Masterson, dilansir Very Well Family.

"Infeksi, virus, atau reaksi terhadap antibiotik yang digunakan di rumah sakit juga bisa memengaruhi pergerakan usus," sambungnya.

Sulit dan khawatir BAB bisa dialami wanita yang melahirkan secara normal, Bunda. Pada kondisi ini, wanita pasti rentan mengalami konstipasi karena robekan, jahitan, dan ketegangan otot yang terjadi selama persalinan.

Pada wanita yang menjalani operasi caesar, masalah bisa terjadi karena mereka sering mengonsumsi obat-obatan sebelum dan setelah persalinan. BAB pertama usai operasi caesar mungkin menyebabkan rasa sakit di lokasi bekas jahitan.

Tak sedikit ibu menahan buang air besar karena takut memberikan tekanan yang bisa menyebabkan nyeri saat BAB. Namun, pada dasarnya kesulitan melakukan BAB pertama usai melahirkan adalah kondisi yang dialami hampir semua wanita.

BAB pertama usai melahirkan sebaiknya tidak ditahan ya, Bunda. Semakin lama ditahan, semakin sulit kita buang air besar tanpa rasa sakit.

Percaya atau tidak, terkadang rasa sakit bisa muncul saat buang air besar partama usai melahirkan karena kondisi mental. Ibu yang baru melahirkan mungkin masih mengalami stres emosional dan trauma.

BAB pertama mungkin menjadi pengalaman yang baru dan menakutkan bagi si ibu. Kondisi ini dapat diperparah jika otot menjadi tegang lho.

Lalu bagaimana cara BAB pertama usai melahirkan? Klik NEXT untuk tahu 5 tips menanganinya ya.

Simak juga daftar perlengkapan untuk disiapkan sebelum melahirkan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi
Tips Melancarkan BAB Pertama Usai Melahirkan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi