sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat Kelas Ibu Hamil Online Saat Pandemi, Tambah Ilmu & Kurangi Cemas

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 30 Jan 2021 15:46 WIB
Pregnancy yoga meditation. Full length healthy 8 months pregnant calm Asian woman meditating or doing yoga exercise at home. Relaxation yoga sitting side stretch positions. caption

Kondisi pandemi memang membuat beberapa agenda jadi terbatas atau bahkan tertunda untuk dilakukan. Termasuk juga untuk pemeriksaan kehamilan dan kelas prenatal yang biasanya leluasa dilakukan.

Ya, kondisi pandemi global memang telah mengubah kehidupan. Berbagai kegiatan yang semula dilakukan secara tatap muka, saat ini pun beralih menjadi pertemuan online. Tak terkecuali kelas ibu hamil online yang banyak diminati.

Agenda ini memang penjadi penolong para ibu hamil di tengah kekhawatiran mereka menghadapi pandemi. Di satu sisi, mereka membutuhkan pengetahuan seputar kehamilan dan persalinan, tetapi di sisi lain kekhawatiran rentan terpapar ketika berada beramai-ramai bersama orang di kelas kehamilan juga menjadi permasalahan tersendiri.


Tentu saja, dengan hadirnya kelas ibu hamil online dapat menggantikan kehausan para ibu hamil mendapatkan informasi seputar kehamilan dan persalinan. Dengan tetap di rumah dan tetap aman, ibu hamil pun tetap mendapatkan informasi yang tepat dari para ahli melalui kelas ibu hamil online.

"Karena kebutuhan akan jarak sosial dan kekhawatiran terpapar, beberapa interaksi yang lebih pribadi antara pasien dan tim medis harus dikurangi, termasuk kunjungan langsung ke rumah sakit," ujar Aaron Styler, MD, ahli endokrinologi reproduksi dan Direktur Medis di CCRM Fertility Clinic di Boston, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.

Di satu sisi, sambung Dr Styer, sangat penting bagi ibu hamil untuk mematuhi protokol kesehatan dan tetap berada di rumah karena ibu hamil lebih rentan dan berisiko mengalami komplikasi yang terkait dengan penyakit pernapasan seperti virus corona.

Karenanya, mengambil kelas ibu hamil online menjadi pilihan terbaik guna mempersiapkan persalinan. "Ibu hamil dapat melanjutkan pendidikan mengenai persalinan dengan kursus online dan mendapatkan pemahaman yang baik tentang proses persalinan dan kelahiran," tambah Dr Styer.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

 Simak juga pijatan lembut yang bisa dilakukan sebelum Bunda melahirkan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



Manfaat Kelas Ibu Hamil Online
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi