sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 16 Feb 2021 07:09 WIB
Ilustrasi kaki bengkak saat hamil caption

Kehamilan merupakan momen yang istimewa dan indah. Tetapi juga menjadi waktu yang penuh dengan banyak perubahan fisik di mana Bunda perlu beradaptasi setiap waktu.

Ya, dengan tubuh yang mempersiapkan diri dengan kehadiran bayi, tentu saja tidak saja perut yang membengkak. Bagian tubuh lainnya seperti tangan dan kaki pun ikut membengkak.

Hmm, kalau sudah bengkak, memang rasanya tidak nyaman sekali ya, Bunda. Tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut lumrah terjadi selama kehamilan. 


Menurut Jaime McFaden, seorang health coach dari Aaptiv menjelaskan bahwa mengalami pembengkakan selama kehamilan sangatlah normal.

"Tubuh Bunda berubah drastis dan hormon pun berubah. Bunda memproduksi lebih banyak cairan dalam tubuh daripada sebelumnya sehingga tubuh dapat melembutkan dan memberi ruang untuk bayi," ujarnya seperti dikutip dari laman Aaptiv.

Ditambahkan McFaden bahwa 20 persen kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan sebenarnya berasal dari peningkatan cairan tersebut. Selain itu, rahim yang terus bertumbuh akan memberikan tekanan pada pembuluh darah. Ini kemudian merusak aliran darah kembali ke jantung.

Biasanya, beberapa bagian tubuh pun tampak membengkak. Seperti pada bagian tungkai, kaki, dan pergelangan kaki. Hal ini terutama terjadi ketika Bunda cenderung berdiri atau berjalan-jalan dalam waktu lama. Tangan termasuk jari dan pergelangan tangan serta wajah pun bisa membengkak.

Selain pembengkakan anggota tubuh, Dahlas Fletcher, spesialis olahraga kehamilan mengatakan bahwa tidak jarang ibu hamil juga mengalami kram selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

Banyak ibu hamil juga mengalami beberapa bentuk kejang otot di kaki dengan kram yang lebih sering terjadi saat tidur. Ini dikarenakan beberapa alasan termasuk di antaranya penambahan berat badan alami selama kehamilan, perubahan sirkulasi dengan tekanan dari bayi yang sedang bertumbuh, gerakan terbatas dan perubahan postur tubuh, dan beberapa alasan lainnya.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda

Simak juga penyebab tangan dan kaki Bunda bengkak saat hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner poligami



TIPS ATASI KAKI BENGKAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi