sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Tips Mudah Mengatasi Kelelahan Ekstrem di Awal Kehamilan

Annisa Karnesyia Minggu, 21 Feb 2021 07:00 WIB
Kehamilan caption
Jakarta -

Kelelahan adalah gejala umum yang kerap dialami ibu hamil. Kondisi ini sering terjadi di awal kehamilan lho, Bunda.

Namun, Bunda enggak perlu khawatir jika mengalaminya ya. Merasa lelah di awal kehamilan adalah kondisi yang wajar kok.

Menurut dokter obgyn, Kameelah Phillips, M.D., kelelahan ekstrem bahkan menjadi tanda awal kehamilan yang hampir dialami semua wanita di trimester pertama dan terjadi lagi trimester ketiga.


"Kondisi ini juga sangat normal terjadi pada trimester ketiga dan memengaruhi sekitar 60 persen wanita hamil," kata Phillips, dilansir What to Expect.

Kelelahan secara umum diartikan sebagai kondisi di mana tubuh kekurangan energi yang konstan. Kelelahan pada ibu hamil dimulai pada minggu-minggu pertama kehamilan.

Banner Nia Ramadhani

Beberapa wanita mengalami kelelahan bahkan satu minggu setelah pembuahan. Kondisi ini biasanya akan membaik sekitar di awal trimester kedua.

"Kelelahan sering kembali pada trimester ketiga, meskipun setiap gejala itu bervariasi di setiap kehamilan," ujar Phillips.

Penyebab kelelahan di awal kehamilan

Sepanjang trimester pertama, kelelahan ekstrem bisa disebabkan karena pembentukan plasenta. Organ ini diproduksi untuk memasok nutrisi dan oksigen yang diperlukan bayi agar tumbuh dan berkembang dalam kandungan.

Selain itu, kelelahan juga bisa disebabkan peningkatan hormon progesteron. Perubahan ini bahkan dapat mengganggu mood dan pada akhirnya bikin tubuh lelah, Bunda.

Di trimester awal, terjadi pula peningkatan darah yang membuat ibu hamil lelah. Ditambah lagi metabolisme tubuh semakin tinggi membuat detak jantung naik, sementara gula dan tekanan darah turun.

Kelelahan ekstrem di awal kehamilan dapat diatasi kok, Bunda. Bagaimana caranya? Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga ciri-ciri hamil yang jarang disadari, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS ATASI KELELAHAN EKSTReM DI AWAL KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi