sign up SIGN UP search


kehamilan

Mandi Malam Bisa Sebabkan Keguguran, Mitos atau Fakta?

Annisa Karnesyia Minggu, 30 May 2021 11:30 WIB
Ibu hamil caption
Jakarta -

Mandi saat hamil seringkali bikin tubuh terasa nyaman ya. Tapi, ada yang bilang bahwa Bunda hamil alias bumil enggak boleh mandi malam karena bisa jadi penyebab keguguran. Benar enggak ya, Bunda?

Faktanya, mandi malam boleh dilakukan selama hamil. Aktivitas ini juga enggak berkaitan dengan keguguran atau kondisi janin Bunda.

Mengutip buku 99 Mitos Seputar Kehamilan oleh Yazid Subakti dan Deri Rizki Anggarani, tidak ada kaitan antara keguguran janin dengan mandi malam. Keguguran bisa disebabkan oleh pengaruh fisik maupun psikis, seperti infeksi, guncangan hebat, bad ovum, penyalahgunaan kontrasepsi, obat stres, atau perlakuan sengaja digugurkan.


"Mandi malam sering dihindari karena udara malam yang dingin, namun tidak berkaitan dengan janin dalam kandungan," kata tim penulis.

Jika Bunda pulang malam setelah beraktivitas dan ingin mandi malam, maka memang sebaiknya mandi untuk mengilangkan kotoran seperti keringat di tubuh. Bila dibiarkan, keringat bisa menjadi media untuk pertumbuhan bakteri.

Kondisi tubuh yang kotor juga bisa memengaruhi pola tidur, Bunda. Badan yang masih kotor bikin sulit tidur dan rentan terkena penyakit kulit.

Saat mandi malam, banyak orang menggunakan air hangat agar tubuh terasa nyaman dan enggak kedinginan. Air hangat memang dianjurkan untuk Bunda hamil yang ingin mandi malam. Tapi, air benar-benar harus hangat dan tidak boleh bersuhu tinggi alias panas ya.

Menurut profesor bidang obgyn, Jeanne-Marie Guise, M.D., air panas atau suhu tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat tabung saraf. Inilah mengapa banyak tempat pemandian air panas tidak disarankan untuk Bunda yang hamil.

"Cara baik untuk menguji suhu air adalah dengan mengeceknya langsung dengan tangan. Hindari berendam di air yang cukup panas yang bisa menaikkan suhu tubuh menjadi di atas 39 derajat Celsius," ujar Guise, dilansir Baby Center.

Terkait dengan kehamilan, Bunda sebenarnya enggak perlu khawatir air panas atau dingin masuk ke rahim dan membahayakan janin ya. Bayi akan terlindungi di dalam kantung ketuban, sehingga air bersuhu panas atau dingin tidak akan mengganggunya di dalam kandungan.

Mandi malam bisa menjadi cara bagus untuk meredakan nyeri otot selama kehamilan. Meski begitu, Bunda enggak boleh sembarangan mandi ya.

Simak tips mandi malam anti dingin untuk Bunda hamil di halaman berikutnya.

Simak juga penjelasan tentang buah nanas yang mitosnya berbahaya untuk kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MANDI MALAM UNTUK SELAMA HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi