sign up SIGN UP search


kehamilan

Janin Tak Berkembang, Apakah Perut Bumil Tetap Bisa Membesar?

Melly Febrida   |   Haibunda Selasa, 14 Jun 2022 18:40 WIB
Medicine, Hospital, Medical Clinic, Ultrasound, Doctor caption

Jakarta - Perut ibu hamil (bumil) akan membesar seiring dengan pertumbuhan janin. Benjolan ini menandakan bayi sedang tumbuh. Namun, jika janin tidak berkembang apakah perut bumil juga membesar?

Bunda tentu sering melihat perawat kesehatan mengukur perut hamil dengan meteran. Ternyata, tes dengan cara lama ini bisa menjadi indikator awal apakah bayi mengalami hambatan pertumbuhan janin (FGR). Kondisi ini sebelumnya dikenal sebagai pembatasan pertumbuhan intrauterin.

Untuk memastikan bayi tumbuh dengan baik di dalam kandungan, biasanya bidan atau tenaga medis akan mengukur perut bumil.


Dan Brennan, MD, dokter anak bersertifikat dan juga seorang konselor laktasi menjelaskan, mengukur tinggi fundus menjadi salah satu cara untuk melacak perkembangan bayi di dalam kandungan.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 JutaMesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta/ Foto: Annisa Shofia

"Ini adalah salah satu dari banyak tes yang digunakan dokter untuk mengukur pertumbuhan bayi Anda. Tinggi fundus Anda dibandingkan dengan perkiraan tanggal kehamilan Anda untuk menunjukkan apakah bayi Anda tumbuh di jalurnya," jelas Brennan dikutip dari WebMD.

Bidan akan meminta bumil berbaring, kemudian mengukur dari atas benjolan ke atas tulang kemaluan menggunakan pita pengukur. Pengukuran ini harus dilakukan pada setiap kunjungan antenatal dari sekitar 24 minggu.

Tinggi fundus yang normal harus sesuai dengan usia kehamilan dalam hitungan minggu, yaitu kurang 2 cm atau lebih 2 cm. Apabila hasilnya di bawah 2 cm atau lebih 2 cm, masih dianggap normal ya.

Sederhananya, jika bumil sedang hamil 30 minggu, maka ukuran fundus harus berkisar antara 28 cm dan 32 cm. Namun hasil pengukuran ini tergantung pada:

  • Tinggi dan berat badan Anda di awal kehamilan
  • Berapa banyak anak yang dimiliki
  • Etnis 

Jika tinggi fundus bumil tidak seperti diharapkan, bukan berarti selalu ada yang salah dengan bayi. Tetapi jika tinggi fundus sesuai, bumil bisa sedikit lega karena mengetahui bayi tumbuh seperti yang diharapkan

Untuk mengukur fundus ini, dokter yang terlatih saja bisa kesulitan mengukurnya secara akurat. Sebelum bumil mencoba mengukur tinggi fundus di rumah, minta dokter menunjukkan di mana tulang kemaluan dan bagaimana menemukan bagian atas rahim Bunda.

Setelah Bumil tahu tempatnya, langkah-langkah dasar ini harus diikuti:

  1. Kosongkan kandung kemih terlebih dahulu. Studi menunjukkan bahwa kandung kemih penuh dapat mengubah pengukuran tinggi fundus beberapa sentimeter.
  2. Berbaring telentang dengan kaki di depan Anda. Dengan menggunakan pita pengukur atau meteran yang mengukur sentimeter, letakkan penanda nol di bagian atas rahim.
  3. Pindahkan meteran secara vertikal ke bawah perut dan letakkan ujung lainnya di bagian atas tulang kemaluan Anda. 

"Ini adalah pengukuran tinggi fundus Anda," jelas Brennan.

Simak di halaman selanjutnya untuk mengetahui kaitan perut bumil kecil dan janin tak berkembang.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak yuk apakah keguguran berulang bisa dicegah. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB UKURAN PERUT BUMIL KECIL, APAKAH KARENA JANIN TAK BERKEMBANG?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!