sign up SIGN UP search


kehamilan

Hindari Anemia saat Hamil, Lahap Makanan Penambah Darah Ini Bun

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 16 Jul 2021 07:00 WIB
Selain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat Tempe caption

Jakarta - Selama masa kehamilan, beragam gangguan kesehatan memang rentan menghampiri. Khususnya Bunda yang sedang hamil pun diharapkan ekstra menjaga asupannya agar kesehatan selama hamil dapat maksimal.

Selain asupan protein dan vitamin, makanan penambah darah bagi ibu hamil juga sangatlah penting ya, Bunda. Apalagi, risiko anemia bisa mengintai selama kehamilan. Sehingga, makanan penambah darah sangat diperlukan agar meminimalisasi risiko tersebut.

Melansir NHS, selama kehamilan, kebutuhan tubuh akan zat besi akan lebih besar. Zat besi diperlukan dalam kehamilan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.


Ketika Bunda mengalami anemia, itu biasanya disebabkan kurangnya sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk memproduksi sel darah merah, tubuh membutuhkan zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Jika ada kekurangan satu atau lebih dari zat tersebut, risiko anemia lebih tinggi.

Sebenarnya kekurangan zat besi pada ibu hamil adalah hal yang umum terjadi pada ibu hamil mengalami kekurangan zat besi selama kehamilan. Karena, permintaan zat besi dan vitamin lainnya meningkat. 

Karenanya, Bunda yang sedang hamil perlu meningkatkan produksi sel darah merahnya. Hal itu dapat dilakukan dengan meningkatkan makanan penambah darah agar terhindar dari anemia.

"Bunda dapat mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti kacang-kacangan, lentil, sayuran berdaun hijau, daging, bayam, yang semuanya mendukung tubuh dan membuat lebih banyak darah untuk ibu dan bayi," ujar Katherine Stone, seorang ahli diet, seperti dikutip dari laman UCDavis.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi lanjutannya yuk, Bunda.

Simak video tentang perlu tidaknya ibu hamil meminum susu hamil di bawah ini ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN PENAMBAH DARAH UNTUK HINDARI ANEMIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi