sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Jenis Makanan & Minuman Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Melly Febrida   |   Haibunda Sabtu, 23 Jul 2022 18:45 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption

Kurang darah atau anemia biasanya sering dialami oleh ibu hamil. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan memilih makanan penambah darah.

Sebelum membahas lebih jauh soal makanan penambah darah, ada baiknya kita lebih dahulu memahami istilah terkait dengan darah. Salah satunya adalah hemoglobin.

Untuk Bunda ketahui, hemoglobin merupakan protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Tugasnya bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh. 


Selain mengangkut oksigen, hemoglobin membawa karbon dioksida keluar dari sel dan masuk ke paru-paru. Karbon dioksida kemudian dilepaskan saat seseorang mengembuskan napas.

Apabila hemoglobin Bunda rendah tentu dapat mempersulit tubuh untuk melakukan fungsi-fungsi ini. Nah pada Bunda yang sedang hamil, kebutuhan oksigen bayi juga dipenuhi melalui darah ibu.

Banyak ibu hamil yang berisiko mengalami anemia pada trimester kedua saat kadar hemoglobinnya paling rendah. Dalam kondisi ini, dokter dapat memeriksa kadar hemoglobin Bunda selama kunjungan prenatal dan merekomendasikan cara untuk meminimalkan risiko anemia.

Kadar hemoglobin selama hamil

Ilustrasi ibu hamil membaca7 Jenis Makanan & Minuman Penambah Darah untuk Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/west

Sanjana Sainani, dokter Obstetri dan Ginekologi, mengatakan bahwa selama kehamilan kadar hemoglobin harus optimal untuk memastikan pasokan oksigen yang tepat.

"Jika Anda hamil, jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk janin yang sedang berkembang," ujar Sainani dilansir Parenting Firstcry. 

Selama kehamilan, kata Sainani, volume darah dalam tubuh Bunda naik 30 persen – 50 persen. Untuk memenuhi kebutuhan darah serta memastikan kadar hemoglobin tetap stabil, Bunda harus mengonsumsi makanan sehat. 

Sainani bilang, jika kadar hemoglobin rendah selama kehamilan, dokter akan meresepkan obat dan suntikan untuk meningkatkannya. Namun jika kadar hemoglobin tidak terlalu rendah, Bunda dapat melakukan perubahan pola makan dan rutin berolahraga setiap hari. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kadar hemoglobin ibu hamil harus lebih dari 11g/dl pada trimester pertama dan ketiga, dan lebih dari 10,5g/dl pada trimester kedua. Kadar hemoglobin yang rendah selama kehamilan kemungkinan besar terkait dengan berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.

Sangeeta Agrawal, dokter obstetri dan ginekolog, mengatakan bahwa berdasarkan penelitian hemoglobin yang terlalu tinggi juga dapat menimbulkan risiko. Oleh karena itu, perawatan yang tepat harus dilakukan untuk menjaga kadar hemoglobin yang ideal selama kehamilan.

"Kadar hemoglobin normal selama kehamilan dapat berkisar antara 11,5 – 13,5 g/dl. Tingkat hemoglobin di bawah 11g/dl dianggap anemia pada kehamilan dan mungkin memerlukan pengobatan," ujarnya dilansir Momjuction.

Makanan apa saja yang dapat menambah darah? Klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MAKANAN PENAMBAH DARAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!