sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Imbauan BKKBN untuk Bunda yang Ingin Merencanakan Kehamilan Saat Pandemi

Annisa Karnesyia Kamis, 30 Sep 2021 20:10 WIB
Cropped shot of a young woman taking a pregnancy test caption
Jakarta -

Perencanaan kehamilan tetap bisa dilakukan bagi pasangan usia subur selama masa pandemi ini, Bunda. Salah satunya mendapatkan edukasi atau konseling KB.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI), Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes, pelayanan KB adalah salah satu pilar dari pelayanan kesehatan reproduksi perempuan. Ini sangat penting dan haris bisa diakses dengan mudah oleh semua masyarakat yang membutuhkan.

"KB dapat mencegah lebih dari 30 persen kematian ibu dan 10 persen kematian anak bila pasangan suami istri menjarangkan kehamilan lebih dari 2 tahun," ujar Emi, dalam Webinar Perayaan Hari Kontrasepsi Sedunia 2021 bersama DKT Indonesia via Zoom, Rabu (29/9/21).


"Pelayanan KB yang tepat juga diharapkan bisa menurunkan stunting," sambungnya.

Cara Bersihkan Kipas Angin

Menurut hasil survei Knowledge Hub, prevalensi pasangan usia subur yang tidak menggunakan KB selama masa pandemi ini mengalami kenaikan dari 31,8 persen menjadi 35,2 persen. Survei ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan prevalensi penggunaan alat kontrasepsi sebesar 3,4 persen, Bunda.

Bila melihat besaran kenaikannya, hasil ini mungkin dianggap kecil. Namun, mengingat survei dilakukan di masa pandemi, kemungkinan besar angka tersebut bisa meningkat.

"KB suntik agak banyak turun, padahal porsinya banyak sekali. Turun 2 persen saja banyak ibu atau perempuan yang putus kontrasepsi atau putus pakai. Ini yang harus diantisipasi," ungkap Emi.

Dari hasil survei itu juga diketahui bahwa pengguna kontrasepsi jangkap pendek terbukti memiliki kecenderungan berhenti pakai atau berganti ke kontrasepsi lain. Data menunjukkan penurunan pemakaian ini bervariasi di antara jenis kontrasepsi, Bunda.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BKKBN Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), menjelaskan bahwa peran alat kontrasepsi sangat penting dalam rangka menjaga pertumbuhan penduduk yang seimbang. Pada akhirnya, ini bisa membuat keluarga jadi berkualitas.

"Kalau pasangan usia subur tidak melakukan kontrasepsi dengan baik, bisa terjadi ledakan penduduk di periode kedua dan ini membahayakan," ujarnya.

Lalu apa saja perencanaan keluarga bagi pasangan usia subur? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga dampak tidak menggunakan alat KB terhadap kesuburan wanita, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

IMBAUAN BKKBN TENTANG PERENCANAAN KEHAMILAN DAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!