KEHAMILAN
Benarkah Minum Soda Bisa Cegah Kehamilan? Ini Faktanya Bun
Amira Salsabila | HaiBunda
Minggu, 23 Jan 2022 13:51 WIBJakarta - Apakah Bunda pernah mendengar adanya rumor bahwa minum soda bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kehamilan? Apakah itu benar dan terbukti ilmiah?
Sebuah penelitian di Boston memang menunjukkan bahwa minuman manis memiliki pengaruh dalam tingkat kesuburan. Namun, apakah itu juga efektif mencegah kehamilan? Simak penjelasannya yuk Bunda.
Para peneliti di Boston University’s Pregnancy Study Online (PRESTO) menerbitkan sebuah studi di Epidemiology yang menunjukkan efek buruk dari minum minuman manis saat seorang wanita tengah menjalani program hamil.
"Kami menemukan adanya kaitan antara asupan minuman manis dan penurunan tingkat kesuburan. Hasil itu yang konsisten setelah memasukkan banyak faktor lain, termasuk obesitas, asupan kafein, alkohol, merokok, dan kualitas diet secara keseluruhan," kata Elizabeth Hatch, penulis utama studi tersebut, dikutip dari Tech Times.
Hasil penelitian itu menemukan bahwa pria dan wanita yang minum minuman manis dikaitkan dengan 20 persen penurunan kesuburan. Jadi, minum soda setidaknya satu gelas per hari dapat mengurangi kesuburan atau kemungkinan hamil dalam satu siklus menstruasi, Bunda.
Wanita yang mengonsumsi setidaknya satu gelas soda per hari memiliki tingkat pembuahan 25 persen lebih rendah dan pria memiliki tingkat pembuahan 33 persen lebih rendah.
Minum minuman berenergi juga dikaitkan dengan berkurangnya tingkat kesuburan yang lebih besar. Meski penulis penelitian menyarankan bahwa hasil ini harus ditafsirkan dengan hati-hati, karena hubungan tersebut didasarkan pada hasil dari hanya sejumlah kecil peserta.
Para peneliti tidak menemukan hubungan yang kuat antara infertilitas dan minum jus buah atau soda diet.
Kandungan soda dan risiko yang dapat membahayakan janin
Soda adalah minuman yang dibuat dari campuran beberapa bahan. Berikut adalah beberapa bahan dalam soda yang dapat memengaruhi janin :
1. Kafein
Soda mengandung kafein yang tinggi, yang diketahui dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Ini juga dapat menyebabkan insomnia, yang dapat menyebabkan sembelit dan dehidrasi pada calon ibu.
Hal ini berbahaya bagi perkembangan motorik dan sistem saraf bayi. Konsumsi lebih dari 300 mg kafein sehari dapat menyebabkan keguguran, dan konsumsi lebih dari 500 mg kafein dalam sehari dapat menyebabkan pernapasan tinggi kronis pada bayi saat lahir.
2. Gula
Kadar insulin yang stabil sangat penting untuk pertumbuhan optimal bayi. Gula yang ada dalam soda meningkatkan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan ledakan insulin.
Mengonsumsi gula dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan obesitas, yang dapat menyebabkan keguguran atau menyebabkan masalah kesehatan seperti cacat bawaan pada bayi.
Simak kandungan lain di halaman berikutnya, ya Bunda.
Simak juga video tentang 5 manfaat daun pandan untuk ibu hamil di bawah ini:
KANDUNGAN SODA YANG BAHAYAKAN JANIN
Halaman Selanjutnya
Simak video di bawah ini, Bun:
En Caul, Fenomena Bayi Lahir Masih Terbungkus Kantung Ketuban
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
5 Tips Cepat Hamil untuk Pengantin Baru
Perbedaan Spermatogenesis & Oogenesis, Proses Penting di Sistem Reproduksi
Benarkah Buah Delima Bisa Bikin Bunda Cepat Hamil?
Yuk Kenali Oligospermia, Gangguan Sperma yang Bisa Turunkan Peluang Kehamilan
TERPOPULER
Potret Rumah Baru Dinda Hauw & Rey Mbayang Dilengkapi Kolam Renang, Masih Proses Pembangunan
125 Kata-kata untuk Anak Perempuan Kecil Tersayang yang Menyentuh Hati
15 Nama Artis Indonesia Berawalan O dan Artinya, Bagus Penuh Makna
Cerita Afifah Yusuf, Merasa Haru Berhasil Menyusui & Menyapih Dua Anak selama 2 Th
Ciri Kepribadian Orang yang Gampang Menangis, Bukan Berarti Lemah
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Lampu LED Emergency, Cadangan saat Kena Pemadaman Listrik
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
9 Label Nama Buku Aesthetic untuk Buku Pelajaran Anak
Nadhifa FitrinaREKOMENDASI PRODUK
7 Bantal Menyusui Multifungsi Terbaik yang Bagus & Nyaman untuk Ibu & Bayi
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
9 Bumbu Masak Instan untuk Masakan Enak dan Praktis
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Pashmina Viscose yang Bagus, Adem, dan Nyaman Dipakai Seharian
Amira SalsabilaTERBARU DARI HAIBUNDA
Ciri Kepribadian Orang yang Gampang Menangis, Bukan Berarti Lemah
125 Kata-kata untuk Anak Perempuan Kecil Tersayang yang Menyentuh Hati
Amankah Kacang Arab untuk Ibu Hamil? Kenali Manfaat, Samping & Cara Mengolahnya
Potret Rumah Baru Dinda Hauw & Rey Mbayang Dilengkapi Kolam Renang, Masih Proses Pembangunan
15 Nama Artis Indonesia Berawalan O dan Artinya, Bagus Penuh Makna
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Insertlive
Tengku Dewi Pilih Jujur ke Anak soal Perceraian dan Istri Baru Andrew Andika
-
Beautynesia
6 Buah yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Panas
-
Female Daily
Pencinta Bola Merapat! Adidas Home of Football Resmi Hadir di Jakarta
-
CXO
GOT7 Rilis Album Baru, Persiapan Harus Lewat Video Call Karena Hal Ini
-
Wolipop
9 Drama Korea Terbaik Peraih Daesang yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup
-
Mommies Daily
7 Event Seru 15–21 Juni 2026, dari ARTJOG hingga Sunset di Kebun