sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Redakan Nyeri Kram Perut di Awal Kehamilan, Badan Jadi Lebih Nyaman Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 19:50 WIB
Shot of unhealthy young woman with stomachache leaning on the bed at home. caption

Jakarta - Kram perut pada masa awal kehamilan bisa menimbulkan sensasi macam-macam ya, Bunda. Namun, Bunda disarankan untuk tetap tenang jika mengalaminya. Sebab hal tersebut sangat wajar.

Menurut Obgyn Srijaya Soujanya Nalla kepada Bannerhealth, kram perut di trimester awal merupakan hal yang tidak harus dicemaskan mengingat kram perut merupakan gejala hamil yang normal. 

“Pada awal kehamilan, wajar bila mengalami kram ringan di perut bagian bawah. Saat itulah tubuh ibu mempersiapkan bayi yang sedang tumbuh,” kata Dr Nalla.


Saat janin tumbuh, perut Bunda juga beradaptasi dengan tubuh. Begitu juga rahim Bunda, sedang bekerja sama dengan organ tubuh lainnya untuk memberi tempat yang nyaman bagi janin. Maka itu, Bunda merasakan sedikit tarikan atau peregangan yang mirip dengan kram menstruasi.

Lalu bagaimana mengetahui kram perut karena kehamilan dan apa yang sebaiknya Bunda lakukan saat mengalaminya? Yuk kita lanjut, Bunda. 

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

Kram perut adalah proses kehamilan yang normal

Walau Bunda mungkin sedikit terganggu dengan kram yang dialami. Sebaiknya Bunda menanamkan pemahaman jika hal tersebut memang hal yang normal dialami seluruh Bunda hamil di dunia. Dengan pemahaman itu, Bunda bisa bernapas cukup lega karena tidak mengalaminya sendirian ya. 

“Saat hamil, ibu mungkin mengalami sedikit ketidaknyamanan pada perut bagian bawah karena pengetatan rahim. Ini normal selama terjadi dalam interval yang tidak teratur dan mereda dengan sendirinya,” kata Dr Nalla.

Penyebab umum kram perut di awal kehamilan adalah nyeri ligamen bundar, otot yang menopang rahim. Saat meregang, dapat menyebabkan beberapa rasa sakit dan nyeri ringan pada Bunda. 

Woman lying on sofa looking sick in the living room. Beautiful young woman lying on bed and holding hands on her stomach. Woman having painful stomachache on bed, Menstrual period5 Cara Redakan Nyeri Kram Perut di Awal Kehamilan, Badan Jadi Lebih Nyaman Bun/ Foto: iStock

Selama kram yang dialami tidak disertai gejala yang memperparah secara interval atau frekuensinya,  Bunda masih bisa melanjutkan aktivitas yang tidak membutuhkan tenaga ekstra ya. Sebab jika tanpa gejala lain, kram perut tidak termasuk kategori abnormal kok.

Jika sudah memahaminya dengan tenang, Bunda akan bisa menghadapi setiap proses kehamilan ini dengan lebih menikmatinya tanpa beban dan bisa mencoba beberapa hal untuk mengurangi kram perut yang dialami. 

Untuk meredakan rasa nyeri akibat kram perut, Bunda bisa melakukan beberapa hal ini. Simak di halaman berikutnya ya.

Saksikan juga video tentang 7 keluhan umum saat hamil trimester 1 dan cara mengatasinya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
5 UPAYA MAMPU REDAKAN NYERI AKIBAT KRAM PERUT SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!