sign up SIGN UP search


kehamilan

13 Makanan yang Pantang Dilahap Ibu Hamil, Catat Ya karena Bisa Bahayakan Janin

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 07:00 WIB
Young mother eating and reading book at home caption

Jakarta - Walau kehamilan mengharuskan Bunda banyak konsumsi makanan dan vitamin, tidak sembarang makanan juga lho yang bisa disantap. Bunda harus memperhatikan betul kandungan nutrisinya. Sebab, kehamilan adalah momentum bagi Bunda untuk menjamin tumbuh kembang janin dengan baik.

Tumbuh kembang janin ini sangat bergantung pada pola hidup dan ketelatenan Bunda mengikuti saran kesehatan. Tidak hanya dokter yang mempunyai saran tertentu kepada Bunda, kadang perhatian keluarga dan sahabat juga bertambah saat mengetahui kehamilan Bunda.

Biasanya, mereka menjadi pengingat agar Bunda tidak melakukan ini atau itu dengan pertimbangan tertentu. Termasuk urusan makan nih, Bunda.


"Ada banyak pantangan makanan bagi Bunda hamil karena kehamilan adalah masa pembentukan janin yang menentukan kemampuan otak dan fisik anak hingga dewasa,” papar Frances Largeman Roth, Ahli diet bersertifikat kepada Baby Center. 

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

 
Menurutnya, bukan tanpa pertimbangan ibu hamil diharuskan menghindari sementara beberapa makanan yang mungkin saja menjadi favorit Bunda. Akan tetapi demi keberlangsungan tumbuh kembang janin yang sehat, Bunda harus menahan diri sebentar. 

Lalu apa saja sih makanan membahayakan untuk kehamilan yang harus Bunda checklist? Yuk kita lanjutkan. 

Pantangan makanan untuk bumil 

Melansir dari Tommys, ini dia daftar makanan yang membahayakan kehamilan:

1. Daging mentah atau setengah matang

Daging mentah atau setengah matang berpotensi terkontaminasi parasite toksoplasma, Bunda. Itulah mengapa Bunda hamil tidak disarankan mengonsumsinya. Bisa mengancam janin terkena toksoplasmasis, Bunda. 

Ilustrasi ibu hamil makan sayurMakanan yang Pantang Dilahap Ibu Hami karena Bisa Bahayakan Janin, Catat ya Bun/ Foto: Getty Images/DjordjeDjurdjevic

2. Hati dan makanan lain yang mengandung vitamin A

Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin A, karena kelebihan vitamin A bisa menimbulkan efek yang lebih berbahaya, yaitu terjadinya kecacatan pada janin. Untuk itu, batasi konsumsi vitamin A yang berlebihan ya. 

3. Pai atau roti dengan olesan daging cincang maupun sayuran mentah

Ini karena dimungkinkan makanan ini mengandung listeria, Bunda.  Yaitu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi listeriosis. Listeriosis dapat membahayakan bayi selama kehamilan atau menyebabkan penyakit parah pada bayi baru lahir.  

Simak juga yuk video tentang pantangan makanan untuk Bunda yang melahirkan secara caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
SUSU MENTAH DAN KEJU YANG TIDAK DIPASTEURISASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!