sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari selama Trimester Pertama Kehamilan, Catat ya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 26 Apr 2022 19:53 WIB
Ilustrasi hamil muda atau trimester 1 caption

Jakarta - Sejauh ini, kehamilan menjadi salah satu momen paling unik dan luar biasa dalam kehidupan seorang wanita. Hampir seluruh wanita berharap bisa melahirkan seorang malaikat kecil dalam hidupnya.

Bunda, kehamilan adalah perjalanan yang mungkin mengubah hidup seseorang. Saat menunggu Si Kecil hadir ke dunia, tentunya hampir seluruh Bunda khawatir bagaimana jika terjadi sesuatu yang mungkin tidak diinginkan atau tidak diharapkan.

Apa pun yang Bunda lakukan dan makan memiliki dampak langsung pada Si Kecil yang berada di dalam kandungan Bunda. Trimester pertama adalah sebuah batu loncatan untuk apa yang ada di depan. Oleh karena itu, Bunda perlu mencari tahu apa saja hal-hal yang perlu dihindari agar tidak melakukan kesalahan.


Untuk membantu Bunda mencari tahu apa saja hal-hal yang sebaiknya ibu hamil hindari, terutama di trimester pertama kehamilan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tujuh kesalahan umum yang perlu dihindari oleh ibu hamil di trimester pertama. Yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

1. Berhenti merokok

Seorang ibu hamil perlu berhenti merokok, bukan hanya untuk kesehatannya, tetapi juga untuk kesehatan Si Kecil yang berada di dalam kandungannya, ya Bunda.

Melansir dari laman Health Shots, berhenti merokok itu sangat penting untuk menghindari keguguran, cacat lahir seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan kematian bayi mendadak. Bahkan rokok elektrik juga tidak aman selama kehamilan, oleh karena itu, pastikan Bunda menghindari hal ini, ya Bunda.

2. Hindari minum alkohol

Minum alkohol saat hamil dapat menyebabkan masalah bagi bayi yang sedang berkembang di semua tahap kehamilan, termasuk beberapa hari dan minggu sebelum seorang wanita mengetahui bahwa ia sedang hamil.

Minum alkohol dalam tiga bulan pertama selama kehamilan, dapat menyebabkan bayi memiliki wajah dan pertumbuhan yang tidak normal serta masalah sistem saraf pusat. Selain itu, juga bisa menyebabkan keguguran, lahir mati, dan berbagai cacat perilaku serta intelektual yang dikenal sebagai Fetal Alcohol Spectrum Disorders (FASDs).

3. Hindari makan daging mentah

Ibu hamil yang makan daging dan telur mentah atau setengah matang bisa berisiko tertular listeriosis dan toksoplasmosis, yang dapat menyebabkan penyakit serius dan mengancam jiwa. Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan cacat lahir yang parah dan keguguran. Oleh karena itu, Bunda perlu memasak daging dan telur sampai matang sebelum menyantapnya, ya Bunda.

Top view of an iron grill with two fresh beef steak fillets on wooden kitchen table filled with cooking and seasoning ingredients. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM7 Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari selama Trimester Pertama Kehamilan/ Foto: Istock

4. Hindari sauna

Sauna dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi kepanasan, dan bahkan pingsan, lho Bunda. “Ibu perlu menghindari sauna atau bahkan air panas, karena ada bisa sebabkan dehidrasi, kepanasan, atau bahkan pingsan. Kenaikan suhu inti tubuh dapat memengaruhi perkembangan bayi selama trimester pertama kehamilan,” kata Dr Sarita Channavar, konsultan kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai, dikutip dari laman Health Shots.

Simak kesalahan lain yang harus dihindari bumil selama trimester pertama di halaman selanjutnya yuk Bunda.

Simak juga yuk video tentang 7 keluhan umum saat hamil trimester 1 dan cara mengatasinya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HINDARI KAFEIN HINGGA MENGOBATI DIRI SENDIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!