sign up SIGN UP search


kehamilan

Bolehkan Ibu Hamil Berhubungan Seks saat Janin Masuk Panggul?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 19:42 WIB
BENARKAH BERHUBUNGAN SEKS SAAT HAMIL BISA PICU KONTRAKSI?
Ibu hamil caption

Berhubungan seks saat hamil bisa picu kontraksi?

Banyak orang percaya bahwa berhubungan seks di usia kehamilan 9 bulan dapat memicu kontraksi, Bunda. Hormon yang dikeluarkan oleh kedua pasangan saat berhubungan seksual dapat menyebabkan otot berkontraksi untuk mendorong persalinan.

Orgasme selama tiga bulan terakhir juga disebut dapat menyebabkan kontraksi Braxton Hicks lho. Braxton Hicks adalah kontraksi ringan yang dialami beberapa wanita menjelang akhir kehamilan mereka. Meski tidak menimbulkan ancaman, rahim bumil dapat menjadi keras karena kontraksi ini.

Mengutip Huffpost, para ilmuwan menjelaskan bahwa air mani mengandung zat mirip hormon yang disebut prostaglandin yang digunakan dalam bentuk sintesis untuk menginduksi persalinan. Selain itu, stimulan payudara dianggap dapat mempercepat persalinan dan orgasme yang memicu kontraksi rahim.


Tetapi, hanya sedikit penelitian yang menyelidiki apakah berhubungan seks benar-benar memicu persalinan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obstetrics and Gynaecology tahun 2012 menunjukkan, ada peningkatan persalinan atau penurunan tingkat induksi pada bumil yang berhubungan seksual.

Kondisi ini memperkuat gagasan bahwa berhubungan seksual aman dilakukan selama masa kehamilan. Meski begitu, berhubungan seksual tidak disarankan bagi Bunda yang ingin cepat melahirkan ya.

"Tidak disarankan pasien untuk berhubungan seksual dengan tujuan ingin cepat melahirkan. Meski pada penelitian tersebut tidak ditemukan bahayanya," ujar Dr. Jonathan Schaffir, profesor obgyn di Ohio State University College of Medicine.

(ank/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!