sign up SIGN UP search


kehamilan

Bumil Lebih Mudah Nangis, Kenali Bedanya Perubahan Hormon dan Tanda Depresi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 11:20 WIB
Depression And Pregnancy. Pregnant Lady Crying Covering Face With Hands Sitting On Sofa At Home. Bumil Lebih Mudah Menangis, Kenali Bedanya Perubahan Hormon dan Tanda Depresi?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Kehamilan tak cuma mengubah kondisi fisik, tapi juga mental. Bunda bisa lebih mudah menangis selama hamil lho.

Menangis adalah hal wajar selama kehamilan. Tapi, perilaku tersebut bisa berbahaya bila menjadi tanda depresi.

Secara umum, penyebab Bumil menangis adalah perubahan hormon. Namun pada beberapa keadaan, menangis bisa terjadi karena stres kehamilan. Lalu apa bedanya?


1. Perubahan hormon

Bumil biasanya lebih mudah menangis karena perubahan hormon. Dilansir Parenting Firstcry, hormon estrogen, progesteron, dan human chorionic gonadotropin (hCG) diproduksi di dalam tubuh selama hamil.

Perubahan ketiga hormon tersebut dapat mengirimkan berbagai sinyal ke otak yang kemudian bisa berdampak pada perubahan suasana hati Bunda. Hormon-hormon tersebut bertanggung jawab untuk memicu emosi dan membuat Bunda menangis tanpa pemicu yang jelas.

"Tingkat estrogen dan progesteron yang lebih tinggi selama trimester pertama tampaknya bertanggung jawab atas beberapa perubahan suasana hati, yang ditandai dengan mudah marah dan menangis," kata Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, dikutip dari Healthline.

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

Rasa sedih juga bisa muncul karena kehamilan mengubah kehidupan Bunda. Bila dikombinasikan dengan perubahan hormon, maka Bunda bisa mengalami fluktuasi emosi yang ekstrem, seperti menangis atau tiba-tiba bahagia.

Perubahan hormon kehamilan akan terjadi terus hingga trimester ketiga. Beberapa wanita masih mungkin untuk sering menangis di periode ini, terutama jelang persalinan.

"Perubahan hormon dapat berlanjut hingga trimester kedua dan ketiga, jadi kebiasaan suka menangis juga dapat terjadi selama waktu ini," ujar Nwadike.

Selama tidak mengganggu aktivitas, menangis karena perubahan hormon adalah hal normal. Paling penting, Bunda tidak berlarut-larut menangis sampai tidak memedulikan kehamilan.

Selain perubahan hormon, Bumil bisa lebih mudah menangis karena faktor stres. Bunda perlu mengenalinya agar tidak sampai menjadi tanda depresi ya. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Simak juga beda flek cokelat sebagai tanda haid atau tanda hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TANDA DEPRESI PENYEBAB BUMIL SUKA MENANGIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!