sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Posisi Bayi Sudah Berada di Bawah, Siap untuk Persalinan

Khesedtov Bana   |   Haibunda Jumat, 17 Jun 2022 09:20 WIB
Pregnant woman doing fitness ball and pilates exercise with coach. Happy future mother preparing for childbirth. caption

Memasuki trimester 3 atau akhir, Bunda pasti semakin tidak sabar untuk berjumpa dengan Si Kecil ya. Untuk itu, Bunda pasti sudah menyiapkan segala kebutuhan Si Kecil, mengingat waktu berjumpa yang semakin dekat.

Untuk mempersiapkan diri menjalani persalinan, salah satu yang bisa Bunda upayakan agar prosesnya menjadi lebih mudah yaitu dengan memantau posisi Si Kecil di dalam perut. Apakah posisinya sudah menurun, terbalik, dan siap untuk keluar?

Posisi bayi berputar bisa terjadi beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir (HPL), atau bisa pula berputar ketika mendekati waktu lahiran. Posisi turun artinya kepala bayi sudah berputar ke bawah, dan memasuki area pelvis.


Melansir Romper, Dr. Idries Abdur-Rahman, mengungkapkan posisi bayi berputar biasanya memasuki usia kehamilan 37 minggu. Namun, kepala bayi belum masuk ke pelvis. Kepala bayi kemungkinan masih lebih tinggi posisinya daripada pelvis.

Dr. Idries Abdur-Rahman, menambahkan perputaran bayi juga bisa bergantung pada kehamilan si ibu. Anak pertama Bunda akan memakan waktu sedikit lebih lama, dibanding anak kedua atau ketiga dalam memutar posisi.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBuah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Bunda harus memerhatikan beberapa hal untuk memastikan terhidrasi dengan baik dan melakukan peregangan sebelum melahirkan. Hal ini akan membantu merelaksasi jaringan lunak seperti otot dan ligamen pada area pelvis, ini akan membantu bayi turun.

Selanjutnya, Bunda bisa lakukan jalan santai selama 15-30 menit sebanyak 4 sampai 5 kali seminggu. Selain itu, Bunda bisa melakukan latihan dengan birthing ball di rumah. Bunda bisa duduk pada bola dan menggerakkan pinggul dalam gerakan memutar. Ini dapat membantu merubah diameter pada pelvis dan membantu bayi turun. 

Selain itu, gerakan jongkok juga dapat membantu bayi merubah posisinya. Bunda perlu ingat bahwa keseimbangan Bunda saat hamil juga ikut berubah, maka pastikan Bunda dapat berpegang untuk melakukan gerakan jongkok.

Sayangnya, belum ada studi yang bisa memastikan berapa lama bayi akan lahir setelah posisi bayi turun dan memutar, nih Bunda. Nadia Graves, bidan yang sudah bersertifikat mengungkapkan jika Bunda belum pernah melahirkan, Bunda akan bersalin 2 hingga 4 minggu setelah bayi berputar posisi dan turun ke pelvis. Beberapa Bunda bahkan tidak merasakan bahwa bayinya sudah menurun dan siap lahir, lho.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang menyiapkan bumil untuk persalinan dengan beberapa gerakan ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
7 TANDA POSISI BAYI SUDAH BERADA DI BAWAH, SIAP UNTUK PERSALINAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!