sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Trimester 2 Jadi Masa Kehamilan Paling Nyaman? Ini Faktanya..

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 23 Jul 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Kehamilan caption
Jakarta -

Periode trimester kedua sering disebut sebagai masa paling nyaman dalam periode kehamilan. Banyak yang bilang, Bunda sudah tidak merasakan banyak keluhan di trimester ini. Benar enggak ya, Bunda?

Usia kehamilan trimester kedua adalah 13 sampai 27 minggu. Dilansir Mayo Clinic, trimester ini biasanya memang waktu yang paling nyaman bagi sebagian besar Bunda hamil alias Bumil.

Memasuki trimester kedua, keluhan di awal kehamilan mulai mereda. Kebanyakan Bumil sudah tidak lagi mengalami morning sickness yang sering mengganggu waktu makan dan tidur.


Tak hanya itu, Bunda. Tingkat energi di trimester kedua akan meningkat di siang hari, sehingga bisa tidur nyenyak di malam hari.

"Sebagian besar gejala awal kehamilan akan hilang secara bertahap. Anda mungkin akan merasakan lonjakan energi di siang hari dan dapat tidur lebih nyenyak di malam hari," kata dokter spesialis kebidanan dan ginekologi, Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, dilansir Healthline.

Perubahan di trimester 2

Ketika kehamilan di trimester kedua berlanjut, Bunda mungkin akan memiliki perasaan positif dan negatif tentang beberapa hal. Ann Dunnewold, Ph.D., seorang psikolog dengan spesialisasi di aspek emosional kehamilan mengatakan bahwa pada trimester kedua, Bumil mulai merangkul identitas mereka yang baru.

"Mereka banyak memikirkan hal yang bersifat filosofis. Misalnya, ibu seperti apa mereka nantinya dan kelahiran seperti apa yang mereka inginkan," kata Dunnewold, mengutip Parents.

Di trimester kedua, banyak para Bunda mulai mempersiapkan diri untuk persalinan. Mereka mulai ikut kelas prenatal hingga kelas online.

Trimester kedua bisa menjadi waktu paling nyaman selama kehamilan. Tapi, Bunda tetap perlu memerhatikan kondisi kesehatan fisik dan mental supaya siap menyambut trimester akhir.

Di trimester ini, Bunda juga harus memahami tentang perkembangan janin ya. Organ-organ janin sudah mulai berkembang, terutama organ krusial seperti otak besar dan otak kecil.

Lalu apa saja keluhan yang mungkin dirasakan Bunda di trimester kedua? Bagaimana dengan perubahan fisik yang terjadi di trimester ini ya?

Baca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 cara untuk meningkatkan air ketuban, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERUBAHAN DAN KELUHAN DI TRIMESTER 2
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!