sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Manfaat Menyantap Semangka saat Hamil, Bisa Bikin Tampak Awet Muda juga Lho

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 26 Jul 2022 19:20 WIB
ibu hamil makan semangka caption
Jakarta -

Semangka adalah salah satu buah yang disukai banyak orang. Rasanya yang segar dan manis membuatnya menjadi buah yang cocok sebagai pencuci mulut atau camilan sehat.

Ternyata, semangka juga merupakan buah yang sangat bagus lho buat ibu hamil. Buah yang kaya nutrisi ini disebut mampu menyembuhkan beragam gejala kehamilan yang mengganggu seperti mual di pagi hari, kram otot, dan mulas sekaligus menjaga perut tetap tenang.

Semangka yang bernama Latin Citrullus lanatus merupakan buah yang berasal dari Afrika Selatan. Buah berukuran besar ini memiliki kulit berwarna hijau dan buah berwarna merah atau kuning


Mengutip Momjunction, semangka dapat dikonsumsi ibu hamil dalam bentuk buah atau sebagai minuman yang menyegarkan seperti jus, Bunda. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci.

Buah yang pas dilahap saat musim panas ini juga kaya akan mineral, vitamin, dan air dan dapat membantu mengatur tekanan darah bumil. Lantas apa lagi manfaat semangka untuk kehamilan Bunda? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

9 Manfaat konsumsi semangka selama kehamilan

Berikut adalah ulasan Momjunction mengenai kontribusi buah semangka selama kehamilan:

1. Meredakan mulas

Bunda hamil umumnya menderita masalah pencernaan seperti mulas dan keasaman. Semangka meredakan masalah ini dengan menenangkan saluran makanan dan perut. Menjadi solusi instan penghilang mulas yang Bunda alami ya.

2. Mengurangi pembengkakan

Pembengkakan ringan di tangan dan kaki atau edema sering terjadi selama kehamilan. Kandungan air yang tinggi dalam semangka mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot, sehingga mengobati edema.

3. Mengurangi morning sickness

Minum segelas jus semangka segar di pagi hari adalah ide yang bagus selama kehamilan. Semangka memberikan pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan sepanjang hari. Sifat energi dan nutrisi semangka juga membantu meringankan mual di pagi hari.

4. Mengobati dehidrasi

Dehidrasi menyebabkan kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran premature. Ibu hamil harus banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Semangka mengandung sekitar 90% air dan memakannya adalah cara yang bagus untuk menghindari dehidrasi, Bunda. 

5. Meredakan kram otot

Tubuh ibu hamil mengalami banyak perubahan. Peningkatan berat badan dan hormon yang berfluktuasi dapat menyebabkan nyeri pada otot dan tulang. Memasukkan semangka dalam bentuk apa pun membantu tubuh mengatasi dan meredakan kram otot.

6. Efek diuretik dan detoksifikasi

Semangka memiliki sifat diuretik. Ini membantu membuang racun berbahaya dari tubuh. Ini merangsang fungsi ginjal, membantu hati memproses amonia, dan meningkatkan aliran urine tanpa membebani ginjal. 

Masih banyak lho manfaat semangka untuk ibu hamil. Cek di halaman berikutnya yuk Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 risiko makan pepaya mentah untuk bumil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MENCEGAH PIGMENTASI HINGGA BUNDA HAMIL AWET MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!