sign up SIGN UP search


kehamilan

Kenali 5 Ciri Perdarahan Nifas yang Menandakan Adanya Masalah Kesehatan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 28 Jul 2022 22:40 WIB
pendarahan nifas pasca melahirkan Kenali 5 Ciri Perdarahan Nifas yang Menandakan Adanya Masalah Kesehatan/Foto: Getty Images/iStockphoto/Rowan Jordan
Jakarta -

Bunda, nifas merupakan periode keluarnya darah Bunda pasca persalinan. Walaupun bukan merupakan darah menstruasi, dalam ajaran Islam, Bunda yang sedang berada pada masa nifas juga tidak berkewajiban melaksanakan ibadah karena sedang dalam kondisi tidak suci.  
 
Berdasar referensi ilmiah, seperti dalam ulasan Pregnancybirthbaby, masa nifas disebut lokia atau lochia yaitu perdarahan pasca melahirkan. Terlepas apakah Bunda menjalani operasi caesar atau melahirkan melalui vagina, Bunda akan mengalami perdarahan selama enam hingga delapan minggu setelah melahirkan. Namun, ini tidak dianggap menstruasi, tapi lokia. 
 
Lantas apa perbedaan masa nifas dengan periode menstruasi ya, Bunda? Apakah ada darah nifas yang tidak aman? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

Pendarahan nifas pasca persalinan

Selama kehamilan, Bunda pada umumnya mengalami berhenti menstruasi ya. Masih merujuk ulasan Pregnancybirthbaby, tubuh Bunda mengalami siklus perubahan setiap bulan untuk mempersiapkan kehamilan potensial.

Salah satu indung telur Bunda melepaskan sel telur, hormon mempersiapkan vagina dan leher rahim untuk mendukung kemungkinan sperma, dan rahim menebal untuk memelihara kemungkinan keberadaan janin. 


Jika tidak hamil, rata-rata pada hari ke 28 siklus berakhir dan lapisan rahim luruh, dan menjadi darah menstruasi seperti kita ketahui ya.

Jika berhubungan seks selama satu siklus dan sel telur bertemu dengan sperma, Bunda bisa hamil. Sepanjang kehamilan, tubuh mempertahankan lapisan rahim, itulah sebabnya Bunda berhenti mendapatkan menstruasi selama waktu ini.
 
Nah, dalam beberapa hari pertama setelah persalinan, adalah normal untuk mengalami pendarahan seperti menstruasi karena rahim berkontraksi kembali ke ukuran sebelum kehamilan.

Perdarahan segera setelah lahir bisa cukup berat. Ini juga bisa menjadi merah cerah selama beberapa hari pertama, tetapi secara bertahap menjadi warna kecokelatan sebelum berhenti setelah sekitar 2 bulan. Perdarahan mungkin lebih berat di pagi hari ketika Bunda bangun, setelah menyusui atau setelah berolahraga.

Pendarahan postpartum

Selain lokia yang sangat normal, terdapat juga perdarahan berat yang tidak terkontrol setelah kelahiran, yang disebut perdarahan postpartum dan dapat menjadi masalah serius, Bunda.  Gejalanya bisa berupa : 

  1. Darah yang membasahi lebih dari satu pembalut setiap 1 hingga 2 jam
  2. Peningkatan darah yang tiba-tiba atau gumpalan besar
  3. Darah yang tiba-tiba berubah warna menjadi merah cerah.
  4. Berdampak pusing, lemas atau kesulitan bernapas
  5. Hal lain yang tampak tidak biasa pada perdarahan pasca melahirkan.

Kita lanjutan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang normalkah tidak menstruasi setelah masa nifas.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KEMUNGKINAN HAMIL SAAT MASA NIFAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!