sign up SIGN UP search


kehamilan

Ingin Coba Tes Kehamilan Menggunakan Jari? Perhatikan 4 Tips Ini Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 20:45 WIB
tes kehamilan dengan jari Ingin Coba Tes Kehamilan Menggunakan Jari? Perhatikan 4 Tips Ini Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Apakah Bunda tengah menjalani program hamil atau merasakan tanda-tanda kehamilan. Bila penasaran yang ingin segera tahu apakah positif hamil, Bunda bisa melakukan berbagai tes kehamilan, mulai dari cara menggunakan bahan alami hingga tes kehamilan dengan test pack. 

Bunda, karena perubahan serviks selalu terjadi selama awal kehamilan, konon kehamilan juga bisa dites dengan menggunakan jari lho. Bagaimana caranya? Simak yuk penjelasannya berikut ini.

Tes kehamilan dengan jari bisa Bunda lakukan dengan memasukkan jari ke dalam vagina untuk merasakan serviks. Jari tengah Bunda mungkin merupakan jari yang paling efektif untuk digunakan karena merupakan yang terpanjang, tetapi gunakan jari mana yang paling mudah bagi Bunda ya. 


Melansir dari Healthline, anatomi setiap Bunda memang tidak sama antara satu dengan yang lain ya. Tetapi secara umum, Bunda dapat menentukan posisi leher rahim Bunda dengan seberapa jauh Bunda dapat memasukkan jari Bunda sebelum mencapai leher rahim. Kenali di mana serviks berada dan akan lebih mudah untuk melihat perubahan.

Lantas apa saja yang sebaiknya Bunda lakukan untuk bisa mengetes kehamilan menggunakan jari? Lanjutkan yuk, Bunda. 

Tes kehamilan dengan jari 

Mengutip dari Momlovesbest, saat tubuh Bunda mulai bersiap untuk menampung bayi, ia berubah dan bergerak sedikit untuk memungkinkan kehamilan terjadi.

Serviks Bunda pun akan bergerak ke atas, membuka sedikit, dan melunak saat darah Bunda meningkat. Bunda dapat merasakan perubahan ini dengan cukup jelas, yang cukup menandakan Bunda sudah siap menampung janin dalam rahim. 
 
Saat dalam siklus menstruasi, mungkin ada rasa yang berbeda pada vagina Bunda ya. Nah, cara serviks ‘merasa’ juga tergantung pada masa menstruasi atau masa kehamilan Bunda.

Bagian dalam vagina Bunda utamanya lembut dan kenyal, tetapi serviks adalah tempat yang lebih keras di bagian belakang dan atas. Semakin dekat Bunda dengan ovulasi, semakin lembut dan lebar jadinya, tetapi tetap tidak akan terasa seperti dinding vagina. Namun pada serviks akan terasa lebih mirip seperti tombol, Bunda. 

Tips melakukan tes kehamilan dengan jari

Terdapat 4 tips yang disarankan saat Bunda hendak memeriksa kehamilan dengan jari yakni:

1. Cuci tangan sesuai anjuran kesehatan

Setiap kali Bunda akan menyentuh vagina, terutama jika Bunda sedang hamil, Bunda harus memastikan tangan dalam keadaan bersih. Memperkenalkan kuman dan bakteri ke dalam vagina hanya akan menimbulkan masalah jika Bunda mengalami infeksi.

2. Mencari lokasi jongkok yang nyaman

Bunda dapat memosisikan diri Bunda sesukanya selama Bunda merasa nyaman dan dapat berjongkok atau melebar cukup untuk membuka vagina Bunda.

Bunda juga bisa mencoba berjongkok di lantai kamar mandi dengan membawa cermin genggam untuk lebih memudahkan memeriksa segala sesuatu yang berhubungan dengan vagina ya.

3. Lakukan dengan perlahan

Lakukan perlahan-lahan dorong jari telunjuk atau jari tengah Bunda sejauh mungkin ke dalam vagina Bunda. Jalankan jari Bunda di sepanjang bagian atas vagina setelah Bunda mencapai bagian belakang.

Jika Bunda baru dalam proses ini, mungkin perlu beberapa saat untuk memahaminya. Selama Bunda tidak kesakitan atau tidak nyaman dan aman untuk terus meraba-raba di sana sampai Bunda menemukan sesuatu yang terasa tidak biasa. Itulah serviks Bunda.

4. Hafalkan bagaimana rasanya dan dokumentasikan setiap perubahan

Saat pertama kali Bunda menemukan serviks, Bunda tidak akan dapat mengetahui perbedaannya dari waktu lain, tetapi dokumentasikan apa yang Bunda rasakan. Jika Bunda melacak kehamilan, tentukan seberapa kencang serviks terasa, kemudian teruskan memeriksanya sampai Bunda merasakannya melunak.

Meski begitu, cara di atas tidak bisa sembarangan dilakukan ya, Bunda, harus dibarengi dengan kemampuan pengetahuan yang mumpuni. Sehingga Bunda tidak disarankan untuk melakukannya jika hanya ingin coba-coba.

Bunda juga bisa mencoba cara lain yang lebih mudah untuk mengetes kehamilan yakni dengan sidik jari. Kita lanjut ke halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 cara tes kehamilan tradisional.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TES KEHAMILAN MENGGUNAKAN SIDIK JARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!