sign up SIGN UP search


kehamilan

Makna Indah di Balik Hadirnya Rainbow Baby yang Bikin Bunda dan Ayah Emosional

Khesedtov Bana   |   Haibunda Selasa, 02 Aug 2022 16:40 WIB
A rainbow baby is a baby born after a loss. A rainbow follows a storm and it gives hope that things get better. It is such a beautiful way to celebrate the life of the one lost. Makna Indah di Balik Hadirnya Rainbow Baby yang Bikin Bunda dan Ayah Emosional/Foto: iStock
Jakarta -

Pernah mendengar istilah rainbow baby atau bayi pelangi? Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan bayi yang lahir setelah sang ibu sebelumnya alami keguguran.

Mengutip dari laman Parents, dokter kandungan, Jennifer Kulp-Makarov, M.D dari New Hope Fertility Center di New York, menjelaskan bahwa rainbow baby merupakan ungkapan hadirnya pelangi setelah badai.

“Disebut dengan rainbow baby karena sama seperti pelangi yang hadir setelah badai: Sesuatu yang indah setelah sesuatu yang gelap dan menakutkan,” terangnya.


Tentunya kehadiran Si Kecil setelah Bunda dan Ayah alami duka, bukanlah hal yang mudah untuk dicerna. Tanpa mengurangi rasa syukur, kehadiran Si Kecil pasti memberi dampak emosional tersendiri bagi Bunda dan Ayah.

Mengutip dari Times of India, Asosiasi Psikologi Amerika mengungkapkan banyak psikoterapis yang percaya bahwa keguguran memberikan dampak 'unik' saat berkabung.

Psikolog klinis, Janet Jaffe, mengungkapkan satu dari banyak perbedaan berkabung antara keguguran atau kehilangan yang berkaitan dengan kehamilan dengan duka lainnya adalah keguguran merupakan kehilangan masa depan jika dibandingkan dengan masa lalu.

“Sesakit apa pun saat kehilangan orang yang dikasihi, Anda masih memiliki memori bersama orang tersebut. Anda bisa melihat foto dan berbagi cerita. Dengan keguguran, Anda hanya memiliki imajinasi. Banyangan tentang masa depan buah hati akan hilang begitu saja,” terang Janet.

Sementara itu, psikolog Karen Hall mengungkapkan ketika menghadapi hal seperti ini, Bunda pasti menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang terjadi. Ini membuat Bunda merasakan rasa malu dan gagal.

Psikolog dan Psikoterapis mempercayai bahwa mengambil waktu untuk berduka dan menerima perasaan yang ada sangatlah penting pasca kehilangan seorang anak.

Kehadiran rainbow baby bagi Bunda dan Ayah 

Keguguran bisa menjadi kejadian yang traumatis dan menakutkan, bahkan tidak ada hal lain yang bisa menggantikan hal tersebut. Namun, bagi Bunda dan Ayah yang alami kehilangan, kehadiran rainbow baby bisa memunculkan ragam emosi.

Bunda atau Ayah bisa merasakan, bahagia, berharap, dan gembira. Tetapi di waktu yang bersamaan, Bunda dan Ayah bisa merasakan rasa bersalah, cemas, gugup, dan takut alami kehilangan sang buah hati kembali.

Emosi yang bercampur bisa membuat pengalaman kehamilan ini menjadi berbeda dengan pengalaman yang pernah Bunda jalani sebelumnya. Pada waktu ini Bunda akan lebih gembira, lebih cemas, lebih waspada tentang segala hal walaupun Bunda telah melakukan segala hal yang benar sedari awal kehamilan.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.


Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cegah keguguran saat hamil muda.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENTINGNYA DUKUNGAN DAN BANTUAN BAGI BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!